Kapan Waktu yang Tepat Membuka Cabang?

image

Bagi retailer yang merasa usahanya sudah maju, cenderung tergoda untuk melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru. Hal ini memang tidak salah, namun diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam membuka cabang baru. Membuka cabang baru tak jauh bedanya ketika pertama kali memulai mendirikan usaha. Ada banyak hal yang wajib anda pertimbangkan, sebelum memutuskan “ya”.

Jadi kapan waktu yang tepat untuk membuka cabang usaha? berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan jika mau membuat cabang usaha :

1. Detail Budget

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah kondisi keuangan bisnis anda. Hitunglah dengan cermat jumlah anggaran yang akan dihabiskan untuk rencana pembangunan cabang baru tersebut. Jangan sampai stock keuangan anda menjadi habis dan bahkan mengganggu stabilitas perusahaan utama karena melaksanakan rencana ekspansi tersebut.

2. Lokasi

Unsur kedua yang mesti dipertimbangkan dalam pendirian cabang baru adalah letak lokasi. Apakah letak lokasi tersebut strategis dan representatif? Apakah letak lokasi cabang baru tersebut memiliki potensi pangsa pasar yang menjanjikan? dan seterusnya! Jika lokasi yang anda pilih terlihat potensial, maka rencana pengembangan usaha tersebut bisa dilakukan.

3. Menempatkan orang yang tepat

Hal ketiga yang perlu anda pertimbangkan adalah ada atau tidaknya calon pimpinan yang akan memimpin kegiatan operasional cabang baru tersebut. Membuka cabang baru tak ubahnya seperti memulai awal usaha, sehingga diperlukan tim managerial yang handal untuk mencabai kestabilan. Jika anda telah memiliki kandidat terbaik, maka bersiap-siaplah untuk grand opening!

4. Mempunyai Standart Operational Procedure (SOP)

Punya cabang usaha baru tentu memerlukan kerja ekstra. Anda harus menentukan bagaimana sistem pengawasannya, menentukan bagaimana cara suplainya, dan sejenisnya. Perancangan sistem itu akan membuat anda lebih terarah dalam pengembangan bisnis anda. Bila mekanisme yang anda susun diprediksi akan berjalan mulus, siap-siaplah untuk memantapkan rencana pembukaan cabang baru tersebut.

5. Memiliki teknologi yang mumpuni

Untuk membuka cabang baru, kontrol usaha akan lebih mudah jika kita mulai memantaatkan teknologi. Teknologi disini bisa merupakan alat bantu untuk operasional yang bisa dengan mudah mengontrol bisnis dimana saja seperti Cloud ERP Indonesia. Cloud ERP memiliki beberapa fungsi operasional yang terintegrasi antar cabang dengan kantor pusat yang memungkinkan kantor pusat memiliki visibilitas ke cabang secara realtime.

Baca juga :MANFAATKAN SISTEM CLOUD ERP UNTUK MEMAKSIMALKAN PENJUALAN

turboly.com