Solusi ERP Berbasis Cloud untuk Pertumbuhan Bisnis UKM

image

Dulu penerapan Sistem ERP membutuhkan investasi yang sangat besar selain itu dibutuhkan banyak perangkat mulai dari server, berbagai macam software dan lisensinya serta ruangan khusus untuk menjaga agar data kita aman. Selain itu, dalam operasionalnya akan menghabiskan banyak waktu dan sumber daya. Artinya akan ada banyak biaya yang mengikutinya.

Cloud ERP adalah alternatif yang fleksibel dan hemat biaya untuk bisnis kecil dan menengah dan menawarkan manfaat luas untuk pertumbuhan dan ekspansi. Ini akan mengurangi biaya TI perusahaan dan menghemat waktu untuk instalasi perangkat keras dan pemeliharaan perangkat lunak. Selain itu, teknologi komputasi Cloud memudahkan Cloud ERP untuk menghadirkan perangkat lunak dengan konsep berlangganan (SaaS) bagi pelanggan yang ingin memperoleh cloud ERP dan tidak perlu mengelola perangkat keras, perangkat lunak, dan peningkatan sementara mengurangi biaya investasi di muka.

Cloud ERP dikelola dari pusat data yang menjamin pengguna memiliki akses secara real-time dari mana saja selama diperbolehkan. “Selama diperbolehkan” artinya dari sisi keamanan, Cloud ERP dapat dibatasi aksesibilitasnya setiap penggunanya dengan berbagai perangkat mulai dari PC, laptop hingga perangkat mobile sekalipun selama memiliki akses internet. Fungsi ini sangat bermanfaat ketika perusahaan memiliki banyak cabang atau lokasi.

Cloud ERP dengan konsep Software as a Service (SaaS) tidak dapat dikustomisasi tapi mereka sudah menyediakan modul sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan seperti ritel, manufaktur, perakitan, dan lainnya. Jadi lebih mudah, simple dan tidak memakan waktu banyak. Cloud ERP saat ini menjadi solusi bagi banyak bisnis tidak hanya yang kecil dan menengah, bisnis besar pun saat ini sudah mulai melirik platform ini mengingat CLoud ERP memiliki keuntungan yang nyata dengan kecepatan penyebaran dan tingkat perencanaan dengan penyebaran ERP konvensional.

Beberapa manfaat utama dari Cloud ERP adalah :

  • Tidak memerlukan perangkat keras tambahan, tidak ada buang waktu untuk mendapatkan dan menginstal infrastruktur TI.
  • Mudah dan cepat diimplementasikan di banyak cabang, anak perusahaan, dan divisi, dan menghemat biaya implementasi.
  • Lebih mudah untuk diukur , memberikan fleksibilitas untuk menambahkan lebih banyak pengguna seiring pertumbuhan bisnis

Karena setiap bisnis itu unik, kita sebagai pelaku bisnis kecil dan menengah mungkin perlu meluangkan waktu untuk mempertimbangkan bagaimana berbagai opsi penerapan Cloud ERP dapat menguntungkan perusahaan.

Baca juga : Sistem POS VS Sistem ERP

turboly.com