Saatnya Memulai Bisnis Ritel

image

Memulai bisnis ritel baik offline dan online semakin populer di semua kalangan terutama di kalangan anak-anak muda. Namun kendala yang sering mereka temui adalah mereka tidak pernah benar-benar mengetahui apakah langkah yang mereka terapkan sudah benar atau belum. Jika kita mencari di internet, akan banyak sekali panduan - panduan membuka usaha ritel baik offline ataupun online.

Ada 3 pertanyaan penting saat akan memulai sebuah bisnis ritel :

  • Produk apa yang akan dijual?
  • Bagaimana pemasarannya?
  • Dimana tempat menjualnya?

Dalam bisnis ritel, prinsip ritel offline dan online tidak jauh berbeda. Dimana ada penjual yang menawarkan produk dengan tujuan mendapatkan keuntungan/ laba. Yang membedakan anatar keduanya hanyalah tempatnya. Ritel offline membutuhkan tempat, lokasi sedangkan ritel online membutuhkan website, aplikasi atau marketplace sebagai tempat jualan mereka. Mana yang lebih mudah? Keduanya memiliki tingkat kesulitan masing-masing dan keduanya tidak menjanjikan hasil yang instant.

Jadi, mana yang lebih baik? Ritel online dan offline memiliki kelebihannya masing-masing. Bahkan saat ini banyak pelaku ritel yang menjalankan keduanya.

Kelebihan Ritel Online:

  1. Hemat tempat

  2. Target pelanggan lebih luas

  3. Praktis, menghemat waktu dan biaya

Ritel Offline memiliki kelebihan:

  1. Terpercaya dimata pelanggan.

  2. Pelayanan pelanggan lebih mudah

  3. Uang langsung diterima

Menjawab pertanyaan 3 pertanyaan penting dalam memulai usaha ritel, berikut jawabannya :

Produk apa yang akan dijual?

Dalam menentukan produk apa yang akan dijual, mulailah dengan apa yang kita sukai. Cobalah dengan produk yang spesifik yang kita suka. Jika memulai dengan apa yang kita sukai, maka pemahaman produk dan minat kita untuk menjual akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk yang sama sekali kita tidak tahu.

Bagaimana pemasarannya?

Setelah berhasil menentukan produk yang ingin dijual. Kita bisa mulai melakukan riset, dimana produk ini bisa kita jual. Tentukan segmentasi pasar, berdasarkan produk, harga, dan kenali siapa kompetitor kita. Amati cara mereka berjualan, tiru sedikit dan modifikasi. Dengan informasi tersebut, kita akan lebih mudah dalam melakukan promosi atau penjualan karena telah mengetahui kondisi pasar dan taktik pemasaran kompetitor.

Dimana tempat menjualnya?

Lokasi menentukan prestasi. Strategi lokasi merupakan hal yang sangat penting. Apakah lokasi tersebut dilalui banyak orang, apakah lokasi tersebut memiliki akses parkir, apakah lokasi tersebut sudah sesuai dengan target pelanggan yang kita terapkan. Ritel online juga mebutuhkan strategi itu, bedanya lokasinya adalah secara virtual, artinya kita perlu mencari platform dengan traffic yang tinggi sesuai segmen yang ingin kita capai.

Baca juga : Memaksimalkan Sistem Pos Dan Service Untuk Meningkatkan Penjualan Retail

turboly.com