Cara untuk Menemukan Layanan Software ERP Terbaik

Salah satu faktor kesuksesan sebuah implementasi Software ERP adalah vendor software ERP itu sendiri. Nah, inilah yang selalu menjadi tantangan yaitu menemukan vendor Software ERP yang helpful dan mengerti akan kebutuhan kita. Untuk lebih membantu dalam menentukan vendor Software ERP mana yang akan kita pilih, ada baiknya kita membuat checklist apa saja yang harus dietahui ketika kita menentukan satu vendor Software ERP yang akan kita ajak kerjasama. Hal ini berguna untuk menghindari penyesalan di kemudian hari karena kegagalan implementasi.

Karena tantangan ini dan banyak lainnya, penting bagi perusahaan untuk memahami nilai yang dapat diberikan oleh vendor Software ERP untuk perusahaan kita. Berikut adalah 5 checklist dalam menemukan vendor Software ERP terbaik untuk perusahaan kita :

Pengalaman: Dalam pemilihan vendor Software ERP, selain jenis fitur dan modul yang mereka tawarkan, pastikan mereka sudah berpengalaman dalam implementasi Software ERP untuk industri yang sama dengan perusahaan kita. Misalnya industri ritel, cari tahu track record mereka apakah mengetahui tentang industri ritel? Apakah para technical support/ implementator yang akan ditugaskan untuk proyek ini menawarkan serangkaian keterampilan khusus dalam industri ini.

Klien: Jika mereka sudah pernah masuk dalam industri yang kita kerjakan, saatnya menilai siapa sajakah klien mereka yang jenis industrinya sama? Jika kita memiliki akses ke perusahaan tersebut, ada baiknya kita meminta testimoni atau masukan dari mereka. Pastikan klien tersebut mendapatkan nilai tambah setelah menggunakan Software ERP yang ingin kita implementasikan.

Lingkup Pekerjaan: Pastikan selama masa implementasi dari sisi vendor menyediakan tim support yang akan membantu penuh dalam implementasinya. Vendor yang baik dan berpengalaman akan memberikan time table dan jadwal pekerjaan selama implementasi yang jelas dengan target yang diinginkan.

Kemandirian: Hal ini perlu dipastikan, sejauh apa technical support akan membantu kita dalam proses implementasi hingga aftersales. Kita harus mendapatkan gambaran jelas, apa saja yang boleh dan bisa kita kerjakan sendiri secara internal dan apa yang menjadi tanggung jawab mereka.

Fokus pada Manajemen Perubahan: Dalam mencari vendor ERP terbaik, kita akan lalai jika kami tidak menyebutkan manajemen perubahan - komponen penting dari peningkatan proses bisnis. Memilih dan menerapkan Software ERP menghasilkan perubahan besar untuk seluruh bisnis. Perubahan ini bisa sangat besar bagi tim dan seluruh tenaga kerja. Vendor Software ERP harus menawarkan keterampilan manajemen perubahan untuk membantu dalam adopsi pengguna dan penerimaannya selama implementasi berlangsung.

Perubahan dan manajemen risiko juga penting selama fase implementasi. Suatu implementasi memiliki kemungkinan keberhasilan yang lebih tinggi ketika didukung oleh sumber daya dengan pengalaman dalam menetapkan rencana, manajemen, migrasi data ERP, dan semua aspek implementasi ERP.

Pada akhirnya Implementasi Software ERP adalah sebuah nilai, sejauh apa Software ERP yang Anda gunakan memberikan nilai tambah diperusahaan? Ingin menerapkan solusi Software ERP di perusahaan Anda? Hubungi Turboly untuk melihat nilai apa yang kami tawarkan.

Baca juga : APAKAH SISTEM ERP PERLU DIUPGRADE?

www.turboly.com