BERALIH KE CLOUD ERP BISA MENJADI KEPUTUSAN TERBAIK

Pemilik Bisnis sering bingung oleh pemikiran untuk melirik solusi cloud erp. Mereka masih kuatir dengan kehilangan data, risiko privasi, kerentanan terhadap serangan eksternal, konektivitas internet, dll. Tetapi apakah kekhawatiran ini lebih besar daripada keunggulan cloud erp itu sendiri? atau apakah ketakutan itu wajar?

Berikut manfaat jika bisnis menggunakan cloud erp :

1. Hemat Biaya

Pindah ke cloud erp dengan konsep software as a servce (SaaS) menghemat biaya awal, mengelola, dan meningkatkan sistem TI. Dengan demikian menggunakan model cloud erp mengubah pengeluaran modal menjadi pengeluaran operasional karena bisa dibayar secara bulanan. Dengan menggunakan model ‘pay as you go 'dan paket khusus lainnya, perusahaan dapat secara signifikan menurunkan biaya TI karena hanya membayar apa yang digunakan.

2. Penyimpanan Data

Kita tidak lagi memerlukan penyimpanan file, backup data, dan menghindari software-software yang memenuhi data namun sebenanya tidak kita gunakan.

3. Tahan Kesalahan

Saat menggunakan erp konvensional dengan server on-premise, kita perlu berinvestasi lebih banyak pada perangkat keras daripada kebutuhkan sebenarnya. Dalam kasus ekstrem, kita perlu melakukan backup semuanya. Dengan menggunakan cloud erp maka redundansi dan resiko sistem down akan jauh berkurang bahkan tidak ada. Demikian bermigrasi ke cloud erp tidak hanya menambah keandalan sistem tetapi juga membuat informasi sangat tersedia.

4. Skalabilitas

Menggunakan cloud erp, bisnis dapat dengan mudah meningkatkan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Untuk perusahaan pemula dan yang sedang tumbuh, mampu mengoptimalkan sumber daya dari cloud erp memungkinkan mereka untuk terbebas dari investasi hardware yang cukup tinggi, membuat biaya operasional minimal.

5. Tim yang Ramping

Dengan cloud, bisnis dapat melakukan prosesnya dengan lebih efisien. Migrasi ke cloud erp mengarahkan tenaga kerja yang ada untuk fokus pada tugas inti mereka. Dengan demikian cloud computing mengarah pada lean management dan mendorong profitabilitas.

Baca juga : APAKAH SISTEM ERP BERMANFAAT?

www.turboly.com