Sistem POS untuk Manajemen Persediaan

image

Sistem point of sales (POS) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk membantu operasional bisnis saat transaksi terjadi. Selain itu, Sistem POS juga dapat digunakan sebagai alat kontrol persediaan yang akurat.

Keuntungan Sistem Point of Sale (POS)

Sistem manajemen persediaan dalam Sistem Point of Sale (POS) merupakan metamorfosa dari mesin kasir. Usaha kecil dan baru mungkin hanya memerlukan mesin kasir dan sistem akuntansi sederhana. Namun, jika bisnis sudah mulai berkembang dan berorientasi kepada produk dan layanan pelanggan, pada akhirnya harus beralih ke solusi yang lebih kompleks yang menyediakan setidaknya satu poin dasar dari sebuah sistem yaitu manajemen persediaan. Dengan Sistem Point of Sale (POS), kita tidak perlu khawatir berapa banyak persediaan yang miliki. Sistem Point of Sale (POS) dapat memberikan informasi secara realtime dan akurat.

Sistem manajemen persediaan dalam Sistem Point of Sale (POS) memungkinkan kita mengelola bisnis di lebih satu lokasi dan secara memadai melacak persediaan di setiap lokasi tanpa ada lagi kekhawatiran tentang akurasi data atau ketidakkonsistenan harga antara satu lokasi dengan lokasi lainnya. Efisiensi karyawan dapat dipertahankan. Sistem manajemen persediaan dalam Sistem Point of Sale (POS) menangani masalah-masalah yang timbul ketika manajemen tidak hadir.

Masalah lain dengan lebih dari satu lokasi bisnis dan manajemen persediaan adalah bahwa sistem penjualan membantu menjaga harga persediaan stabil dari satu lokasi ke lokasi berikutnya.

Layanan Lainnya

Sistem point of sale membuat pengaturan harga dan pencatatannya menjadi lebih mudah. Seperti contohnya ketika kita ingin memberikan suatu promo pada konsumen, Sistem Point of Sale (POS) memiliki fitur pricebook yang dapat diatur dengan mudah dan hasil dari promo yang kita buat bisa dianalisa produktivitasnya. Promosi, diskon, dan kupon dapat dilacak, dan efek dari promosi ini dicatat setiap hari. Melacak efek promosi hampir tidak mungkin tanpa Sistem manajemen persediaan dalam Sistem Point of Sale (POS).

Bisnis mana yang Menggunakan Sistem POS?

Bisnis ritel adalah pengguna utama Sistem manajemen persediaan dalam Sistem Point of Sale (POS) karena pelacakan persediaan sangat penting dalam ritel. Sistem POS seperti Turboly memberikan solusi end to end hingga ke modul akuntasi untuk penggunaan data yang lebih efisien. Turboly tidak hanya memberi informasi mengenai jumlah persediaan, tetapi juga penjualan, piutang, dan return dan claim, bersama dengan banyak modul penting lainya.

Bisnis ritel menggunakan sistem point of sale dengan sangat efektif. Sistem POS ini dapat mengelola pelanggan, memproses pembayaran, hingga memberikan informasi ulang tahun. Berkembangnya internet turut membidani lahirnya Cloud POS atau Sistem POS berbasis cloud. Cloud POS saat ini sudah berkembang menjadi sangat luas untuk berbagai jenis industri mulai dari ritel, jasa hingga ke F&B.

Mungkin manfaat terbesar dari Sistem manajemen persediaan dalam Sistem Point of Sale (POS) adalah bahwa karyawan dan manajemen dapat lebih fokus pada aspek layanan pelanggan dari bisnis dan lebih sedikit pada penghitungan penerimaan dan persediaan. Sistem poin penjualan juga memungkinkan manajemen mengumpulkan data pembelian pelanggan untuk menentukan forecasting dan menghasilkan laporan yang detail.

Baca Juga : Mengelola Persediaan dengan Sistem Point of Sale

turboly.com