TIPS MENJADI SEORANG SUPPLIER

Pada saat ini yang sudah mulai banyak dilakukan oleh pelaku industri ritel, pastinya sudah sangat familiar dengan beberapa istilah-istilah seperti :

1. Reseller

2. Dropshipper

3. Supplier/Vendor

Bahkan mungkin kita sudah termasuk menjadi salah satunya, bisa kita adalah seorang reseller atau mungkin dropshipper bahkan tidak menutup kemungkinan kita adalah supplier/vendor itu sendiri.

Bagi pengusaha ritel yang ingin naik kelas sebagai supplier, berikut adalah cara untuk bisa menjadi seorang supplier/vendor yang baik dan memiliki tujuan utama adalah agar bisnis tidak akan hanya jalan di tempat saja, dan mengembangkan bisnis kepada level/tingkatan yang lebih tinggi lagi.

Lalu sekarang, bagaimana caranya agar bisa benar-benar menjadi seorang supplier/vendor?

Tentu saja jawabannya adalah, dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Dan tips-tips yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang supplier/vendor sukses, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memproduksi produk made in sendiri

Yang namanya menjadi seorang supplier/vendor itu adalah sudah sangat erat hubungannya dengan “memiliki stok produk milik sendiri”. Salah satu cara yang mungkin bisa kita lakukan adalah dengan memproduksi sendiri produk yang nanti akan kita jual.

Cara ini hanya berlaku bagi kita yang memiliki keahlian dan modal untuk memproduksi barang. Selain itu, cara seperti ini juga sangat menguntungkan dari segi finansialnya karena margin keuntungan yang kita bisa dapatkan akan jauh lebih besar daripada bekerja sama dengan pihak lainnya.

2. Mencari Partner Produksi

Bertolak belakang dengan tips No. 1, jika kita tidak memiliki keahlian dan modal maka solusi terbaik adalah dengan menggandeng pihak ketiga untuk bekerjsama. Pihak Ketiga yang dimaksudkan disini adalah menemukan produsen. Mengapa demikian? Ya, dengan menggandeng produsen artinya kita mendapatkan barang dari tangan pertama yang pastinya harga yang kita dapatkan akan lebih murah dan akhirnya margin keuntungan yang kita harapkan bisa lebih tinggi. Cara seperti ini memang lumayan direkomendasikan jika ingin menjadi seorang supplier/vendor. Meskipun demikian, tidak mencari produsen yang sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Baca juga : Manfaat Purchase Order

www.turboly.com