Tujuan dan Fungsi Aplikasi Kasir di Toko Ritel

image

Hal pertama yang perlu diketahui adalah apakah fungsi software point of sale (POS) atau yang orang awam sebut aplikasi kasir sehingga alat ini dapat lebih dihargai dan dapat digunakan secara maksimal. Fungsi dasar dari sebuah aplikasi kasir ini adalah untuk mencatat penjualan dan penerimaan pembayaran konsumen secara digital, namun saat ini sudah berkembang menjadi semakin jauh menjadi sebuah alat untuk mempermudah pengengelolaan stok barang, penyampaian laporan, pembelian barang dan berbagai hal lainnya.

Berbagai kemudahan inilah yang bisa didapatkan jika sebuah perusahaan ritel menggunakan software point of sale (POS) untuk kasir. Sehingga pekerjaan pun lebih cepat dilakukan. Serta, membuat pengunjung tidak perlu mengantri terlalu lama di kasir. Tidak heran, jika akhirnya banyak perusahaan ritel yang menggunakan software point of sales dalam bisnis mereka. Karena software lebih banyak memberika keuntungan dibandingkan kelemahan. Selain hal-hal di atas, apa sajakah yang menjadi tujuan atau manfaat penggunaan software kasir ini?

Setelah mengetahui fungsi dari aplikasi kasir tersebut, berikutnya akan dijelaskan tentang tujuan penggunaan software. Sehingga semakin banyak orang yang memahami tujuan dari penggunaan software point of sale (POS) ini dan tertarik untuk menggunakannya, berikut diantaranya :

1. Mencetak Bukti/ Nota Penjualan

Hal yang paling krusial saat menggunakan software ini adalah kemudahan untuk mencetak nota penjualan. Pencetakan nota penjualan tidak hanya membantu pemilik bisnis, namun juga pembeli. Karena dapat mengetahui berapa dana yang dikeluarkan untuk belanja yang baru saja dilakukan. Sedangkan untuk pemilik bisnis, adalah sebagai bukti bahwa penjualan benar-benar dilakukan.

2. Mengontrol Ketersediaan Stok

Tidak hanya masalah keuntungan, software dapat membantu pemilik mengetahui barang mana yang menjadi “idola” pembeli dan sebaliknya. Hal ini pula yang membantu pemilik bisnis untuk menyiapkan stok yang banyak dibeli. Sehingga ketersediaan produk selalu ada dan memberikan keuntungan lebih untuk pemasukkan toko.

3. Mengetahui Pembelian dan Penjualan Dalam Periode Tertentu

Hal inilah yang membuat software point of sale (POS) sekarang lebih banyak digunakan, yaitu mengetahui pembelian dan penjualan dalam periode tertentu. Misalnya, Anda membutuhkan laporan penjualan dalam satu bulan ataupun tiga bulan. Laporan akan didapat dengan mudah, karena software point of sale (POS) telah menyimpan semua data tersebut.

4. Mengetahui Laba Bulanan

Inilah yang paling penting dan membuat banyak orang tertarik menggunakan software point of sale (POS). Karena software point of sale (POS) dapat digunakan dengan mudah untuk mengetahui berapa laba yang didapat dalam satu bulan. Jadi pegawai tidak perlu repot menghitung dari awal bulan hingga akhir, untuk mengetahui berapa pendapatan dan laba yang didapat pada satu bulan tersebut.

5. Mengetahui Secara Pasti Jumlah Tertentu

Pada saat menggunakan software point of sale (POS), kita akan dipuaskan dengan mengetahui jumlah pasti barang ataupun uang yang dibayarkan konsumen. Karena, semuanya selalu terupdate setiap kali ada barang atau pembeli yang berbelanja. Bahkan, stok barang yang mulai minim dapat diketahui dengan mengecek software tersebut. Jadi, semua aktivitas terkait bisnis dapat lebih mudah dijalankan dan tidak akan menganggu kenyamanan konsumen.

6. Mengetahui Laba/ Profit Margin Setiap Transaksi

Tidak hanya laba selama satu bulan, setiap kasir usai melakukan perhitungan barang belanja, akan didapatkan berapa laba dari penjualan tersebut. Tidak heran, jika akhirnya banyak orang yang menggunakan software ini untuk membantu perhitungan laba di tokonya. Beberapa hal ini pula yang dapat dijadikan perhatian, sehingga software point of sale (POS) untuk kasir tidak dipandang sebelah mata dan lebih dihargai.

Baca juga : Buat Toko Anda Terkenal dengan Sistem POS

turboly.com