3 Perubahan Setelah Implementasi Cloud ERP Ritel

Setelah implementasi Sistem ERP Ritel, pastinya ada harapan untuk mendapatkan manfaat dan kinerja perusahaan menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa perbaikan proses yang diharapkan setelah mengimplementasikan Sistem ERP Ritel yang baru :

Inventory Management yang lebih baik

Inventory barang dagangan untuk usaha ritel merupakan hal yang paling utama karena barang menjadi komoditas utama dalam usaha ini. Jika pada waktu tertentu barang kurang atau bahkan kosong dapat dipastikan penjualan akan hilang atau “loss sales” namun sebaliknya jika barang dagangan yang dimiliki berlebih maka ada “modal tertahan” dan hal ini bisa menggangu “cash flow perusahaan”. Dengan implementasi Sistem ERP Ritel salag satu manfaat yang diharapkan adalah kemudahan dalam melacak posisi persediaan atau inventory barang dagangan serta berapa nilainya. Sistem ERP Ritel akan membantu untuk mengetahui secara persis berapa banyak uang yang kita “simpan” dalam bentuk barang. Dan ketika penjualan melambat, kita dapat dengan cepat mengambil langkah untuk menjual produk yang bergerak lambat dan ketika penjualan lebih tinggi dibandingkan perkiraan, kita dapat mengambil tindakan untukmemesan lebih banyak dan mengambil keuntungan dari barang yang bergerak lebih cepat dan lebih menguntungkan.

Lebih Konsisten

Pada suatu toko ritel, pemenuhan atau re-order maksimal dapat dilakukan dengan baik di suatu lokasi gudang atau toko. Sistem ERP Ritel memberikan gambaran secara detail dan menyeluruh mengenai kondisi persediaan / stok dimanapun lokasinya. Selain itu, Sistem ERP Ritel akan dengan mudah mengetahui dimana toko dengan penjualan terbaik? Barang apa yang paling banyak terjual? Barang mana yang memberikan keuntungan paling tinggi? Sistem ERP Ritel akan melacak setiap penjualan yang dilakukan bersama dengan rincian yang diperlukan dalam usaha kita. Analisis data yang dihasilkan sangat akurat untuk dapat membantu menemukan apa yang mungkin kita lewatkan sebelumnya. Misalnya, jika ada pola dimana pelanggan sering membeli satu barang dengan barang yang lain dan pola ini selalu kosisten terjadi, maka tidak ada salahnya jika kita mulai menerapkan strategi mechandiser atau penjualan bundling untuk kedua produk tersebut.

Database pelanggan yang lebih akurat

Setiap penjualan ritel akan memberikan slip penjualan kepada pelanggan dan menyimpan copy-nya sebagai data internal. Dulu, jauh sebelum ada Sistem ERP Ritel yang terintegrasi mayoritas retailer akan menyimpan data dalam bentuk excel dan lama - lama makin jarang dilakukan karena proses secara manual ini sangat menyita waktu. Sistem ERP Ritel terkini seperti Turboly, sudah mencakup modul manajemen pelanggan yang akan membantu menggunakan data pelanggan untuk menghasilkan penjualan besok dan meningkatkan profitabilitas penjualan tersebut. Kategorikan pelanggan tersebut berdasarkan demografi yang akan membantu bisnis ritel kita. Dengan menggunakan data pelanggan yang lebih akurat, promosi atau target pelanggan dapat kita tentukan dengan semakin akurat pula.

Baca juga : Naik Kelas Dengan Software ERP

www.turboly.com