4 Laporan Penting dalam Inventory Management

image

Keberhasilan mengelola stok persediaan akan diikuti dengan kesuksesan dalam bisnis, khususnya untuk bisnis ritel dan wholesale. Salah satu cara untuk menuju keberhasilan dalam mengelola stok adalahdengan menggunakan dan memahami laporan manajemen persediaan yang tepat. Laporan manajemen persediaan yang akurat, terkini dan relevan akan memungkinkan kita untuk menemukan tren, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan, dan mencegah kekosongan dan menguransi ketidakefisienan. Dengan mendapatkan informasi ini, kita dapat mengambil langkah untuk bertumbuh.

Di bawah ini adalah 4 laporan persediaan yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis ritel :

Laporan product performance

Dari laporan ini kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi perusahaan secara global, sangat penting untuk mengetahui seberapa menguntungkan produk yang kita jual untuk memastikan kinerjanya pada tingkat optimal. Untuk mengukur kinerja persediaan, kita perlu membandingkan data yang dikumpulkan sebelumnya (historis).

Laporan pengendalian persediaan

Mengetahui berapa banyak stok persediaan yang kita miliki pada waktu tertentu sangat penting untuk bisnis yang sukses. Laporan pengendalian persediaan akan menunjukkan berapa banyak stok persediaan yang kita miliki. Mengontrol stok persediaan secara efisien memastikan aset kita yang “bernilai” ini digunakan sebaik mungkin. kita dapat menggunakan salah satu metode berikut:

Laporan analisis ABC

Mengetahui produk apa yang paling berharga dan paling tidak penting sangat penting untuk mengelola persediaan kita dengan benar. Melakukan analisis ABC untuk membantu menginformasikan keputusan pemesanan ulang di masa depan.

Laporan penilaian persediaan

Laporan penilaian persediaan menunjukkan biaya yang terkait dengan biaya-biaya yang kita butuhkan untuk mendapatkan persediaan tersebut. Biaya ini termasuk ongkos kirim, ongkos bongkar muat dan lainnya. Laporan Ini memungkinkan bisnis kita mengukur dengan tepat biaya persediaan pada laporan keuangan. Untuk menetapkan biaya persediaan persediaan, gunakan salah satu metode berikut:

Selain laporan diatas, pemilihan metode perhitungan persediaan juga sangat penting. Metode perhitungan persediaan average atau rata-rata tertimbang - rata-rata biaya dalam persediaan digunakan. Inilah yang digunakan Turboly Cloud ERP.

Menggunakan dan memahami laporan manajemen persediaan kunci sangat penting untuk melacak stok persediaan dan memiliki jumlah level yang akurat. Dengan sistem manajemen persediaan yang menyediakan data yang akurat dan real-time, pengetahuan yang diperoleh dari laporan yang relevan ini dapat dengan mudah dihasilkan untuk membantu kita membuat keputusan bisnis yang lebih terinformasi. Menerapkan laporan dan sistem manajemen persediaan ini untuk membantu dalam pelaporan ini berpotensi untuk menumbuhkan bisnis kita secara lebih efektif dan efisien.

Baca Juga : MENGELOLA PERSEDIAAN DENGAN SISTEM POINT OF SALE

turboly.com