Apakah Fungsi IMEI?

image

Seringkali diabaikan dan dianggap tidak penting oleh para penggunanya, ternyata nomor IMEI yang terdapat di perangkat HP kita bukan hanya sebatas kumpulan angka. Tapi lebih daripada itu IMEI memiliki fungsi yang sangat penting dan sangat berguna.

Apa yang bisa kita dapat melalui IMEI sehingga dikatakan sangat penting? Berikut adalah fungsi-fungsi dari nomor IMEI :

1. Menyimpan Identitas Perangkat Mobile/ HP

HP kita juga memiliki identitas. Iya, kita bisa mengetahui informasi detail identitas handset kita ini melalui IMEI. Status IMEI dapat kita cek melalui website resmi HP kita atau jika di Indonesia kita juga bisa melakukan pengecekan dari https://imei.kemenperin.go.id/ untuk mengecek identitas HP secara detail.

2. Mengetahui Masa Garansi

Fungsi lain dari nomor IMEI adalah untuk mengecek masa garansi yang masih dimiliki HP yang kita gunakan. Hal ini menjadi sangat penting yang ingin membeli HP second/ bekas atau secara online. Dengan begitu, kita bisa mengecek terlebih dahulu apakah HP yang kita mau beli masih dalam masa garansi atau tidak.

3. Untuk Melacak HP Hilang

Salah satu fungsi lain dari nomor IMEI yang sangat sangat penting adalah bisa digunakan untuk melacak jika HP kita hilang. Ini adalah salah satu opsi dalam melacak HP yang hilang selain mengandalkan aplikasi untuk melacak HP. Bedanya jika menggunakan IMEI kita harus meminta bantuan dari provider kartu sim yang kita gunakan.

Dengan mengetahui lebih dalam mengenai IMEI, kita tidak perlu khawatir lagi dengan regulasi baru pemerintah yang heboh dibicarakan saat ini.

Baca juga : MENGAPA MELACAK NOMOR IMEI DIPERLUKAN DI INDUSTRI PONSEL

turboly.com