Mengapa Melacak Nomor IMEI Diperlukan Di Industri Ponsel

image

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kode unik yang digunakan untuk mengidentifikasi handset tertentu. IMEI adalah kode unik untuk setiap perangkat dan penting untuk pelacakan dan keamanan. Namun, pedagang grosir ponsel atau pengecer memiliki banyak alasan di mana mereka harus melacak semua IMEI dalam stok mereka. Turboly Cloud ERP membuatnya lebih mudah untuk melakukan berbagai fungsi untuk menguntungkan bisnis di industri ponsel.

Fungsi pelacakan IMEI :

Verifikasi produk secara fisik

Saat melakukan penerimaan ponsel dari supplier maka wajib menambahkan daftar IMEI ke dalam sistem. IMEI dan ponsel dapat di scan melalui barcode untuk memverifikasi apakah ponsel yang benar telah diterima. Setelah setiap ponsel di-scan, secara otomatis IMEI akan dicatat dan dapat dicek ulang dengan daftar surat jalan/ penerimaan yang ada sehingga tidak ada barang yang hilang.

Identifikasi Return Lebih Cepat

Jika informasi pada masing-masing handset telah disimpan secara efektif, maka akan menjadi lebih mudah untuk return kembali dari pengecer dan mengirim kembali ke supplier. Karena IMEI dapat dicari dengan mudah, itu akan membuatnya jauh lebih efisien untuk mengidentifikasi ponsel tertentu dari banyak atau banyak.

Membantu Perbaikan

Melalui nomor IMEI, ponsel dapat dikategorikan ke dalam kelompok berdasarkan kesamaan dalam model atau cacat. Setelah ponsel diperbaiki, mereka dapat dipindahkan ke stok yang sama sekali terpisah dari telepon yang diperbarui dalam sistem.

Pelacakan Inventory

Melacak persediaan melalui software pelacakan IMEI memberikan nomor seri yang dapat meningkatkan ketepatan manajemen inventory. Ketika pedagang besar menerima daftar IMEI dari supplier mereka, mereka sudah memiliki data yang disinkronkan di berbagai lokasi. Jadi, ketika ponsel dibagi menjadi beberapa batch, mereka dapat dengan mudah dilacak dan diatur tanpa harus membuat sistem pelacakan baru.

Distribusi Ponsel Lebih Mudah

Perangkat ponsel dengan model yang sama terlihat sangat mirip dan hanya dapat dibedakan dengan nomor IMEI yang unik. Oleh karena itu, membuatnya lebih mudah untuk mendistribusikan telepon karena informasi tentang pelanggan dicatat terhadap IMEI yang mereka beli. Dalam hal keamanan persyaratan kepatuhan, laporan dapat dihasilkan untuk penjualan setiap telepon beserta IMEInya.

Kesimpulan

Software pelacakan IMEI tidak hanya penting dari perspektif kepatuhan, tetapi juga untuk memberikan nilai yang lebih baik kepada pelanggan dan memperkuat proses kontrol internal. Cloud ERP Turboly memiliki semua fitur yang diperlukan untuk serialisasi manajemen persediaan. Turboly adalah software ERP berbasis cloud all-in-one untuk inventory ponsel, distribusi ponsel, pelacakan IMEI ponsel, dan manajemen inventaris ponsel. Ini memiliki beberapa fitur untuk grosir dan pengecer yang memungkinkan mereka untuk mengurangi kesalahan dan kerugian sambil memaksimalkan alur kerja melalui manajemen inventory yang efisien.

Baca juga : Serial Number Untuk Identifikasi Hardware dan Software

turboly.com