Bagaimana Cara Menggunakan Laporan Persediaan untuk Bisnis Ritel

image

Dalam bisnis ritel, laporan inventory dan penjualan menyimpan banyak informasi. Tetapi hampir setengah dari usaha menegah tidak melacak inventory mereka dengan baik, atau masih menggunakan metode manual untuk melakukannya. Hal inilah yang membuat pengusaha ritel rentan mendapatkan pelaporan yang tidak akurat. Meskipun itu mungkin tampak tidak signifikan, namun ketika menggunakan data untuk mengambil keputusan bisnis, itu bisa menjadi sebuah perbedaan.

Apa itu laporan inventory?

Laporan inventory adalah ringkasan dari tingkat persediaan yang dimiliki baik itu di toko atau gudang. Laporan ini menyajikan rincian seperti berapa banyak stok yang Anda miliki, produk mana yang paling cepat terjual, kinerja berdasarkan kategori, dan informasi lainnya tentang status dan kinerja inventory. Ada banyak jenis laporan inventory yang dapat kita gunakan, masing-masing memiliki manfaatnya sendiri.

Nilai pelaporan inventory terutama bermuara pada informasi yang didapatkan pengusaha ritel atas bisnis mereka. Performa terbaik industri ini didorong oleh data, dan laporan inventory memberikan gambaran besar atas bisnis mereka

Di bawah, kami akan melihat apa yang dimaksud dengan laporan inventory dan bagaimana laporan inventory dapat meningkatkan bisnis ritel :

Laporan Stock Level

Laporan inventory on hand atau stok yang dimiliki dan tersedia di toko atau gudang. Laporan ini menyajikan informasi jumlah kuantiti dan nilainya secara keuangan. Ini pada dasarnya adalah laporan berapa banyak modal yang dimiliki dalam bentuk barang.

Laporan Low Stock

Pengusaha ritel bisa mengalami kerugian jika kehabisan stok, kelebihan stok dan return. Laporan Low Stock akan memberikan informasi item mana yang hampir habis. Mempertimbangkan biaya dapat ditimbulkan jika kehabisan stok, maka laporan ini sangat penting. Hal ini sangat terkait dengan peuasan pelanggan.

Laporan Produktivitas Produk

Laporan Produktivitas Produk memberikan informasi produk mana yang paling populer dan menguntungkan. Dari laporan ini akan didapatkan informasi produk mana yang secara reguler menghasilkan keuntungan dan produk mana yang menghasilkan keuntungan secara musiman.

Setiap laporan inventory akan mengungkapkan seluruh informasi tentang apa yang terjadi dalam bisnis. Melakukan komparasi dan kombinasi antar laporan dari waktu ke waktu akan mempertajam analisa dan membantu mengelola investasi inventory di masa depan.

Baca Juga : MANFAAT DATA GUDANG

turboly.com