Bisakah Cloud ERP Mendukung Perubahan Ekonomi?

image

Saat ini ekonomi Indonesia berlahan mulai berubah dari agraris menjadi industri modern, maka saat ini adalah tanda iklim bisnis di Indonesia cukup responsif terhadap perubahan. Sekitar 10 tahun yang lalu, dengan mulai berkembangnya internet dan teknologi turunannya seperti cloud computing, bisnis-bisnis di Indonesia terutama di kota besar mulai begeser ke arah global dan digital. Tetapi pada saat itu transformasi digital ini terkadang tidak diimbangi dengan infrastruktur yang mumpuni, karena itu alih - alih mendorong digitalisasi yang terjadi malah bisa menghambat kemajuan bisnis itu sendiri. Salah satu contoh yang banyak dirasakan adalah implementasi Cloud ERP. Pada masa sebelum internet berkembang secara masif, Software ERP merupakan sesuatu yang mahal dan eksklusif untuk perusahaan besar yang memiliki kondisi keuangan yang baik. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Cloud computing telah memberi harapan baru pada industri IT dan dunia usaha karena menyediakan solusi yang lengkap namun tetap dengan biaya yang terjangkau.

Apa itu Cloud ERP dan apa yang membuatnya menarik bagi bisnis yang sedang tumbuh dan pasar yang terus berubah di Indonesia?

Cloud computing telah ada sejak zaman awal Internet tetapi lebih sebagai konsep, mewakili masa depan teknologi. Sekarang penyedia layanan Software ERP mulai menyediakan opsi dalam layanannya on-premise ERP atau cloud ERP. Sedangkan para “pemain” baru dalam industri Software ERP gencar memperkenalnya Cloud ERP yang mereka kembangkan.

Tapi apa artinya sebenarnya? Sederhananya, Cloud ERP adalah ketika penyedia Software ERP menyebarkan Software ERP dalam infrastruktur cloud sendiri (pusat data yang dikelolanya) dan dalam penggunaannya memberikan hak akses kepada pengguna (customer) untuk dapat menggunakan sesuai dengan masing-masing bisnisnya melalui internet.

Karakteristik utama dari solusi Cloud ERP adalah sebagai berikut:

  • Tidak perlu memiliki tim IT yang besar untuk memelihara server dan perangkatnya, bahkan bisa saja tidak akan membutuhkan tim IT.
  • Software ERP menjadi sangat mudah diakses, artinya dapat mengaksesnya kapan saja, di mana saja dan di mana saja. Jika menginginkan security yang lebih tinggi dapat memberikan batasan berupa IP ataupun jam akses setiap usernya.
  • Software as a Service (SaaS), artinya Cloud ERP bisa digunakan dengan konsep biaya bulanan (langganan) dan diserap dalam bentuk biaya operasional bukan investasi.
  • Konsep Cloud dan SaaS memungkinkan vendor memperbarui software mereka secara rutin dan meluncurkannya untuk pengguna akhir tanpa biaya tambahan yang menguntungkan vendor dan pengguna akhir agar tetap relevan dan berubah seiring perubahan pasar.

Apa untungnya untuk pasar Indonesia?

Indonesia merupakan salah satu negara yang pertumbuhan usaha menengah cukup tinggi. Mempertimbangkan hal ini, dan pasti kebutuhan dan kesadaran para pengusaha akan suatu Software ERP cukup tinggi, terutama bagi mereka yang mengembangkan usaha dengan banyak cabang. Solusi cloud ERP adalah wajib agar bisnis dapat dikontrol dengan mudah dan tepat.

Banyak usaha yang mulai mengimplementasikan Cloud ERP lebih serius dari sebelumnya, meskipun terkadang ada yang “buru-buru” tanpa pertimbangan yang matang. Semakin banyak perusahaan yang dalam perjalanannya berhasil tumbuh pesat dengan bantuan Cloud ERP.

Baca juga : Jangan Takut Berinvestasi Dalam Teknologi Untuk Bisnis Ritel Anda

turboly.com