Cara memilih ERP berbasis Cloud untuk Usaha Kecil

image

Software Enterprise Resource Planning (Software ERP). Bagi sebagian usaha kecil terdengar sesuatu yang “wah”. Banyak yang masih beranggapan Software ERP adalah sebuah sistem yang diperuntukkan bagi perusahaan multinasional besar dengan ribuan pengguna dan biaya yang mahal. Kemajuan teknologi (pikirkan cloud) membawa tingkat produktivitas baru dengan biaya lebih rendah untuk bisnis dari semua ukuran.

Cloud ERP saat ini sudah semakin terjangkau. Tetapi memilih Cloud ERP yang tepat untuk sebuah usaha adalah sebuah tantangan. Berikut adalah panduan bagaimana memilih Cloud ERP yang tepat :

Syarat Cloud ERP untuk usaha kecil

Banyaknya pilihan dapat membuat pemilihan Cloud ERP mana yang akan dipiliha menjadi pekerjaan yang sulit. Untuk usaha kecil dengan sumber daya terbatas, mayoritas pengambilan keputusan berada pada pemilik. Menentukan apa yang sebenarnya masalah yang dihadapi hingga membutuhkan solusi cloud ERP lakukan adalah langkah pertama. Setiap bisnis akan memiliki tantangannya masing-masing sehingga hal ini harus diselaraskan dengan tujuan yang ingin dicapai:

  • Petakan dan sederhanakan proses, dan prioritaskan fitur yang sesuai.
  • Cari fitur sistem khusus untuk jenis usaha dan cari vendor yang cocok
  • Paling penting, perkiraan biaya
  • Pilih Cloud ERP yang sudah jadi, buang pikiran untuk kustomisasi.

Cloud ERP vs On-Premise ERP

Salah satu tantangan terbesar bagi usaha kecil yang ingin berinvestasi dalam teknologi baru adalah infrastruktur. Secara tradisional, jika kita tidak memiliki lingkungan yang tepat atau hardware yang cukup untuk mendukungnya, implementasi Software ERP akan membutuhkan investasi cukup tinggi.

Untungnya, cloud ERP telah hadir memberikan opsi yang menarik. Usaha kecil dapat mengimplementasikan cloud ERP tanpa mematikan meghabiskan banyak uang karena layanan Cloud ERP memiliki konsep Software as a Service (SaaS) yang bisa digunakan dalam bentuk berlangganan sehingga lebih mudah untuk dilakukan tanpa biaya awal yang besar. Hal ini akan ramah bagi cash flow perusahaan dan sifatnya bisa dianggap sebagai biaya operasional.

Menggunakan Cloud ERP dengan cara berlangganan membuat perusahaan kecil bisa mendapatkan layanan Cloud ERP dengan mudah dan murah. Tapi, jangan lupa dalam proses pencarian dan penetuan vendor Cloud ERP harus tetap berhati-hati. Lihatlah proyeksi pertumbuhan dan durasi kontrak yang tawarkan. Pemodelan biaya untuk cloud ERP cukup bervariasi, mulai dari biaya per-user, product, business entity dan banyak lagi skema menarik dalam pembayarannya. Yang pasti selalu cermat dalam menentukan, biasakan memiliki proyeksi bisnis di masa depan karena salah perhitungan bisa berakibat membengkaknya biaya bulanan yang kita bayarkan.

Baca juga : Naik Kelas Dengan Software Cloud ERP

turboly.com