Cara untuk Membangun Ikatan yang Kuat dengan Supplier

image

Manajemen hubungan supplier adalah sebuah implementasi perencanaan, evaluasi, dan mengelola interaksi dan koneksi Anda dengan pihak ketiga. Dalam bisnis ritel, hal ini biasanya melibatkan berurusan dengan produsen Anda, grosir, distributor dan lainnya. Tujuan dari manajemen hubungan supplier adalah untuk memaksimalkan nilai yang Anda dapatkan dari hubungan tersebut.

Sekarang setelah Anda memiliki definisi cepat tentang manajemen hubungan supplier, mari kita bicara tentang cara menemukan supplier dan mengelola hubungan Anda dengan mereka.

Menemukan supplier yang tepat

Membangun hubungan yang baik dimulai dengan menemukan orang yang tepat untuk bekerjasama. Untungnya, di bidang supplier ritel, ada banyak sumber yang dapat Anda telusuri. Beberapa cara paling umum untuk menemukan supplier meliputi:

  • Acara industri - Pameran, acara pembelian, dan acara industri lainnya menawarkan banyak
  • Publikasi perdagangan - Bacalah majalah industri untuk mendapatkan informasi tentang produk apa yang dijual dan siapa yang menjualnya.
  • Asosiasi industri - Sebagian besar asosiasi dagang menyediakan layanan jaringan dan direktori untuk membantu Anda terhubung dengan supplier.
  • Direktori online - Lihat direktori supplier online yang saat ini banyak muncul. Situs-situs ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menemukan supplier hanya dengan sekali klik.

Jadi, setelah menemukan supplier yang sempurna dan Anda dapat mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Sekarang saatnya membahasa tentang bagaimana Anda dapat memperkuat hubungan Anda dengan supplier dan memastikan semua berjalan dengan lancar.

Jalin Komunikasi

Komunikasi dengan supplier tidak melulu soal negosiasi. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan “Small Talk” pada supplier dengan menanyakan bagaimana kondisi bisnis mereka, prioritas dan rencana mereka di masa yang akan datang. Karena percakapan ini akan lebih santai, supplier akan lebih mungkin untuk berbagi informasi lebih lepas.

Supplier Adalah Mitra

Tidak semua supplier setuju akan hal ini, tetapi dalam beberapa kasus, ada baiknya mempertimbangkan bahwa supplier adalah mitra yang bekerja sama dengan Anda daripada pihak ketiga yang hanya menyediakan produk dan layanan. Mengadopsi “pola pikir kemitraan” dapat membantu Anda mengoptimalkan hubungan Anda.

Bagikan “forecasting order” Anda Kepada Supplier

Masalah bagi supplier adalah ketika mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan permintaan Anda. Hal ini bahkan dapat merusak hubungan kerjasama yang sudah terjalin. Untuk menghindari hal ini terjadi, tidak ada salahnya jika Anda mulai secara regular membagikan perkiraan order yang akan Anda lakukan. Buat perkiraan dengan Software Inventory yang akurat seperti Turboly Cloud ERP untuk menganalisis secara memadai, berapa banyak dari produk tertentu untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam beberapa bulan mendatang.

Jujurlah, cepat, dan teliti

Kedengarannya sederhana, tetapi kejujuran - ditambah dengan ketepatan waktu - dapat menciptakan sebuah keajaiban untuk hubungan Anda dengan supplier.

Sederhana bukan? Cobalah memulai menjalin hubungan lebih “intim” dengan supplier Anda dan jadilah mitra yang luar biasa.

Baca Juga : TIPS MENJADI SEORANG SUPPLIER

turboly.com