Fungsi Distribusi Untuk Software ERP Ritel

Industri ritel saat ini sudah berkembang menjadi dari sebuah toko fisik menjadi toko online. Saat toko offline mulai merambah ke dunia online artinya sistem pengiriman dan distribusi kepada pelanggan sudah sangat dibutuhkan.

Mengingat hal ini, fitur distribusi dan pengiriman seperti apa yang dibutuhkan retailer dalam Software ERP yang mereka gunakan saat ini?

Pengiriman Dropship

Berkembangnya dunia penjualan online membuat penjualan ritel tidak lagi memerlukan stok produk, namun tetap bisa melakukan transaksi penjualan ke pelanggan. Inilah yang dinamakan drop shipping. Drop shipping adalah proses di mana retailer membeli produk dan langsung meminta dikirimkan ke alamat pelanggan dan bukan ke toko atau gudang. Software ERP Ritel menyediakan fitur Purchase Order dengan alamat pelanggan sebagai alamat pengirimannya. Pada proses drop shipping ini, sebenarnya ada 2 transaksi terjadi : pertama pengakuan penjualan ke pelanggan dan kedua pembelian ke supplier, selisih dari kedua transaksi inilah yang menjadi keuntungan dropshipper.

Return Penjualan

Software ERP modern dapat membantu mengurangi return pembelian yang bisa mengganggu stok di toko. Software ERP dapat diintegrasikan dengan marketplace atau platform online lainnya sehingga dengan mudah bisa melacak barang-barang mana yang harus di-claim kepada supplier.

Visibilitas Rantai Pasokan

Dalam siklus supply chain management sangat penting untuk mengetahui posisi pesanan kita ke supplier. Sudah sampai tahap mana pesanan kita diproses, dan akhirnya kita bisa mengetahui perkiraan kapan barang akan kita terima di toko atau gudang. Visibilitas rantai pasokan juga membantu retailer mengetahui dan menilai performa dari supplier kita. Informasi ini sangat penting untuk mencegah kekosongan barang di gudang atau toko yang bisa menghambat penjualan/

Otomatisasi

Software ERP Ritel memungkinkan otomatisasi yang mendorong timbulkan efisiensi. Mengapa demikian? Iya, karena Software ERP Ritel akan menghubungkan semua bagian dalam usaha ritel mulai dari tenaga penjualan hingga ke bagian pengiriman. Efisien dan aman untuk mengindari kesalahan jika dibandingkan penginputan yang berulang.

Berbagai pilihan integrasi

Software ERP Ritel berbasis cloud memiliki keunggulan dibandingkan dengan Software ERP on-premise (server lokal). Dengan semakin berkembangkan internet dan omnichannel integrasi API semua platform ecommerce akan lebih mudah dilakukan, selain itu hal ini juga membuat proses menjadi singkat karena Sistem Point of Sale (POS) dan Inventory management dapat diitegrasikan dengan platform penjualan online yang akan menghasilkan penjualan dan perhitungan inventory yang akurat.

Baca juga : Bagaimana Manfaat Software ERP & CRM Dalam Bisnis Ritel

www.turboly.com