Stock Aging,agaimana pengaruhnya terhadap kontrol persediaan?

image

Apakah Anda mengetahui pentingnya mengetahui usia dari persediaan yang Anda miliki? Usia persediaan yang sudah “tua” umumnya mengacu pada stok persediaan yang telah dimiliki selama lebih dari enam bulan biasanya karena konsumsi rendah atau penjualan yang lambat. Namun, persediaan yang sudah tua bukanlah kejadian yang tiba-tiba terjadi, hal ini sebenarnya dapat Anda antisipasi jauh-jauh hari sebelumnya. Tidakkah Anda sadar bahwa setiap kelebihan stok persediaan bisa membuat Anda rugi dan menggangu arus kas perusahaan.

Laporan Stock Aging

Laporan Stock Aging adalah sebuah laporan yang memberikan informasi utama tentang status persediaan Anda dan informasi yang diberikan dikelompokkan berdasarkan usia dan nilainya sejak barang tersebut masuk ke gudang atau toko. Dalam laporan Stock Aging akan memberikan informasi :

  • Jumlah, nilai, lokasi, SKU dan deskripsi berbagai item persediaan persediaan
  • Usia (hari/ bulan) persediaan sejak diterima oleh toko/ gudang.

Masalah pengendalian persediaan kemudian dapat diidentifikasi menggunakan laporan stock aging ini dan pada akhirnya dapat meningkatkan arus kas perusahaan.

Laporan stock aging memberikan wawasan tentang perilaku pembelian Anda. Sebagai hasil dari laporan ini dan tergantung pada jumlah persediaan lama, Anda dapat melihat cara untuk meningkatkan kegiatan pengendalian persediaan dan juga dapat mempertimbangkan mengubah cara Anda membeli produk baru.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari laporan stock aging adalah pada praktik pengendalian persediaan. Anda dapat menilai waktu yang dihabiskan produk dalam persediaan dan memusatkan perhatian Anda pada pengelolaan produk yang bergerak lambat. Laporan stock aging pada akhirnya akan meningkatkan keputusan pembelian persediaan dan menilai biaya mempertahankan kualitas persediaan.

Sebaliknya, kegagalan mendapatkan untuk laporan stock aging berarti Anda akan memiliki lebih sedikit wawasan tentang biaya persediaan, tidak akan tahu apa produk lambat Anda bergerak, atau produk mana yang paling mahal dalam biaya persediaan.

Memiliki laporan stock aging akan memastikan Anda mengambil keputusan yang tepat karena mendapatkan informasi yang lebih baik dengan memberikan wawasan tambahan mengenai pergerakan persediaan dan seberapa cepat itu berubah, memungkinkan Anda untuk memusatkan perhatian Anda pada item yang paling lambat bergerak dan mengembangkan metode kontrol persediaan yang lebih baik.

Bagaimana mengatasi produk yang sudah “tua”?

Kunci untuk mengurangi pengurangan persediaan lama adalah bertindak cepat dan konsisten. Jika dikelola dengan benar, pembuangan persediaan “tua” ini dapat memberikan peluang untuk peningkatan penjualan dan memiliki potensi untuk menghasilkan pengalaman pelanggan yang positif.

Untuk menghindari “bertumbuh”-nya persediaan yang sudah uzur tersebut, manfaatkan Software ERP untuk membantu Anda mengendalikan persediaan dan mendapatkan laporan yang akurat mengenai Stock Aging.

Baca Juga : ALOKASIKAN PERSEDIAAN DENGAN TEPAT

turboly.com