Mengapa Laporan Sangat Penting Untuk Keberhasilan Bisnis

image

Fungsi laporan dalam sebuah bisnis merupakan alat yang berharga dan penting untuk perusahaan apa pun tanpa memandang ukuran atau industri. Setiap laporan akan menyajikan informasi yang berharga untuk melacak dan menganalisis kinerja dan performa bisnis secara keseluruhan, selain itu dari sebuah laporan yang akurat kita dapat mengidentifikasi permasalahan dan peluang untuk pertumbuhan.

Tujuan dari laporan dalam sebuah bisnis adalah untuk memberikan analisis kritis tentang bagaimana pelacakan performa bisnis di semua bidang. Laporan bisnis adalah alat penting untuk memandu pengambilan keputusan dan untuk memungkinkan pemilik bisnis dan stakeholder kesempatan untuk menyelidiki dan memecahkan masalah yang diidentifikasi.

Laporan bisnis memberikan wawasan yang bermanfaat bagi manajemen seperti informasi tentang pengeluaran, keuntungan atau kerugian, dan pertumbuhan. Laporan akan memberikan perincian penting yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan perkiraan masa depan, rencana pemasaran, memandu perencanaan anggaran dan meningkatkan pengambilan keputusan.

Berikut adalah beberapa laporan penting untuk mendukung keberhasilan dalam sebuah bisnis :

Laporan stok persediaan

Berisikan catatan atas persediaan dan semua pergerakannya. Laporan persediaan membantu perusahaan mengidentifikasi masalah yang mempengaruhi kinerja seperti kehilangan produk, rusak atau stok mati.

Laporan analisis pasar

Laporan analisis pasar adalah laporan perkiraan/ forecasting yangmembantu pemilik bisnis memutuskan bagaimana mengalokasikan sumber daya yang dimiliki. Misalnya, ketika laporan analisis pasar menyimpulkan bahwa tahun depan percepatan pertumbuhan maka perusahaan dapat meningkatkan anggaran pemasaran mereka untuk mengambil keuntungan dari ini.

Laporan analisis tren

Laporan-laporan ini mendukung pengembangan bisnis jangka panjang dengan memeriksa tren statistik seperti preferensi konsumen dan demografis yang mengalami tingkat pertumbuhan tercepat. Tujuan dari laporan analisis tren adalah untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan untuk memungkinkan bisnis membangun pangsa pasar di depan para pesaing.

Laporan keuangan

Laporan keuangan umumnya disiapkan secara berkala oleh sebagian besar perusahaan dan membantu menjaga mereka pada jalur menuju pencapaian tujuan pendapatan dan keuntungan. Laporan keuangan merupakan laporan akhir dalam sebuah bisnis, dari laporan ini kita dapat melihat perbedaan dalam hasil keuangan dibandingkan periode sebelumnya hingga dengan perkiraan dalam rencana bisnis dalam satu periode.

Laporan analisis operasional

Laporan-laporan ini menunjukkan seberapa efisien suatu perusahaan beroperasi dan akan merekomendasikan cara untuk lebih meningkatkan produktivitas. Analisis pengendalian persediaan mungkin menunjukkan bahwa perusahaan mengalami kekurangan bahan baku utama secara berkala yang mencegah pemenuhan pesanan tepat waktu. Laporan ini dapat merekomendasikan agar perusahaan mencari pemasok cadangan barang-barang penting untuk memastikan ketersediaan saat dibutuhkan.

Pemantauan dan pelaporan dari waktu ke waktu tidak hanya akan menyoroti masalah tetapi juga dapat mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan atau ekspansi. Laporan juga berfungsi sebagai alat untuk merekam kegiatan sebelumnya dan membantu mendefinisikan peluang pertumbuhan di masa depan dengan mengidentifikasi keberhasilan yang telah terbukti atau apa lagi yang dapat dilakukan untuk bergerak maju. Untuk mendapatkan laporan yang akurat, Turboly Cloud ERP menyediakan fungsi pelaporan yang real-time dan akurat untuk menghasilkan keputusan yang tepat. Kunjungi website kami untuk informasi detail laporan yang kami sediakan.

Baca Juga : MENGHASILKAN LAPORAN LEBIH AKURAT DENGAN SISTEM ERP

turboly.com