4 TIPS UNTUK MENGELOLA ARUS KAS SAAT PEAK SEASON

image

Arus kas merupakan nadi perusahaan. Saat kas masuk lebih besar dibandingkan pengeluaran, maka perusahaan Anda memiliki arus kas yang positif. Begitu juga sebaliknya, jika pengeluaran lebih banyak dari pada pemasukan, maka bisnis Anda memiliki arus kas yang negatif. Sangat penting bagi sebuah pemilik usaha untuk menjaga stabilitas arus kas perusahaan. Karena arus kan akan mempengaruhi perkembangan perusahaan secara langsung.

Saat peak season seperti saat ini pengelolaan arus kas sangat penting bagi para pelaku bisnis ritel karena penjualan yang besar, harus disertai pengelolaan yang cukup efisien. Mengelola arus kas dalam bisnis ritel memang rumit, berikut adalah tips mengelola arus kas saat peak season.

1. Catatan Transaksi

Saat bisnis berjalan dalam peak season maka kita harus memiliki catatan atas arus kas secara detail. Berapa banyak uang kas yang diterima dan berapa yang dikeluarkan untuk berbagai kebutuhan. Catatan pengeluaran ini dapat dimulai dengan transaksi pengeluaran untuk membeli barang yang memiliki nilai terkecil hingga barang besar yang memenuhi stok penjualan di gudang. Selain memiliki catatan pengeluaran, kita juga harus memiliki catatan pemasukan.

Buat catatan jumlah pemasukan dalam setiap hari sehingga kita mengetahui berapa jumlah penerimaan kas yang diperoleh dalam satu hari. Dan kedua catatan tersebut bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam pembuatan laporan.

2. Membuat Estimasi Kas

Dalam mengelola uang bisnis ritel khususnya saat peak season, kita harus bisa menentukan anggaran untuk uang masuk dan uang keluar. Mengapa membuat estimasi kas sangatlah penting? Hal ini untuk mengetahui rencana kapan uang masuk dan seberapa besar, mengetahui estimasi biaya uang keluar, dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari uang kas.

Jika estimasi arus kas kurang, kita bisa mengantisipasi bagaimana caranya untuk menggenjot penjualan ataupun menekan biaya pengeluaran. Pencatatan arus kas dan pelaporannya harus dilakukan dengan detail.

3. Pencatatan yang Konsisten

Untuk mengelola arus kas perusahaan, bisa dilakukan dengan mencatat segala keuangan yang masuk dan keluar dengan rutin dan jelas. Sebagai alat bantu kita dapat menggunakan Sistem Cloud ERP seperti Turboly yang memiliki fitur akuntasi yang cukup lengkap untuk mempermudah pencatatannya dan mengindari kesalahan dibandingkan jika kita menggunakan cara pencatatan manual atau excel.

  1. Mengurangi Hutang Bisnis yang Tidak Perlu

Hutang adalah suatu hal yang biasa dalam sebuah bisnis. Pinjaman tersebut bisa digunakan untuk modal usaha dan lainnya yang dapat mendukung perkembangan bisnis yang dijalankan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, jika kita tidak dapat mengontrol hutang maka dapat berpengaruh pada kondisi arus kas dalam perusahaan.

Saat peak season seharusnya kita dapat mendapatkan arus kas yang positif, maka jangan pernah kendor dalam mengelola arus kas. Manfaat kan Sistem Cloud ERP untuk membantu proses pencatatan arus kas masuk dan keluar. Cloud ERP akan membantu pencatatan arus kas menjadi lebih mudah dan laporan yang dihasilkan pun akurat.

Baca juga : CASH FLOW MANAGEMENT,APA MANFAATNYA?

turboly.com