Apa yang Harus Dimiliki Software POS Ritel?

image

Setiap pengusaha ritel mengetahui bahwa Software Point of Sale (POS) memiliki fungsi untuk mencatat penjualan dan mengontrol persediaan. Ketika teknologi terus berkembang, Software POS juga selalu meningkat dari sisi kelengkapan fitur, teknologi dan biaya yang semakin terjangkau. Disaat pengguna Sistem POS ritel lama beranggapan sistem yang mereka gunakan sudah usang dan mahal dari sisi perawatan. Oleh karena itu, ada beberapa opsi yang tersedia, jadi penting untuk mengetahui apa yang seharusnya dimiliki oleh Software POS Ritel

Software POS Dasar untuk Ritel

Pada tingkat paling dasar, software POS untuk ritel harus dapat menghubungkan inventory dengan penjualan sehingga kita selalu mengetahui apa yang tersedia untuk pelanggan. Namun, walaupun ini adalah cara sederhana untuk melihatnya, ada sejumlah pendekatan untuk mewujudkan tujuan ini.

Pertama, itu harus mudah digunakan. Jika software terlalu rumit atau terlalu lama untuk menyelesaikan fungsi - fungsi sederhana, maka peluang loss sales akan semakin tinggi karena pelanggan yang menjadi frustrasi dengan prosesnya, atau meninggalkan toko dengan kesan negatif karena menunggu. Apa pun yang terjadi, ini bukan yang kita inginkan.

Pastikan software POS ritel yang kita gunakan dapat secara aktif membantu staf penjualan melalui panduan, dan memastikan bahwa pengguna menemukan sistem yang membantu. Software POS Ini juga membantu jika mencatat informasi pelanggan dalam sekali proses dan menghasilkan data referensi pelanggan terkait perilaku belanja atau informasi lainnya.

Kemampuan penting lainnya adalah menjaga historis penjualan yang akurat untuk memastikan bahwa kita selalu dapat melihat ke belakang dan menemukan pembelian yang dilakukan. Ini bisa sangat berharga ketika berhadapan dengan pengembalian atau return, terutama jika pelanggan tidak membawa tanda pembelian/ struk.

Fitur Tambahan

Fungsi diatas merupakan beberapa fungsi dasar yang harus dimiliki oleh Software POS. Tentu saja ada fitur tambahan yang bisa berguna untuk membantu operasional. Misalnya, Integrasi SOftware POS dengan ecommerce agar menyederhanakan proses penjualan online. Selain itu, akan sangat membantu jika Software POS memiliki fungsi Finance & Accounting untuk membantu proses menghasilkan laporan keuangan.

Baca juga : BAGAIMANA POS RITEL MODERN MEMBERIKAN BENEFIT BAGI SEBUAH BISNIS?

turboly.com