Bagaimana POS Ritel Modern Memberikan Benefit Bagi Sebuah Bisnis?

image

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis ritel pasti Anda menyadari solusi Sistem Point of Sale (POS) Ritel yang baik. Definisi sistem POS ritel yang baik hari ini bukan hanya yang dapat memproses pembelian pelanggan, menangani pembayaran, dan mencatat penjualan dengan cepat. Solusi POS ritel yang baik adalah Sistem POS yang selalu mengadopsi teknologi baru, mampu mengelola persediaan dan pelanggan, melacak penjualan, memiliki fungsi penerapan skema harga yang bervariasi.

Dulu dalam model bisnis ritel ketika pelanggan hendak melakukan pembelian, mereka harus membawa barang yang ingin mereka beli ke kasir untuk membayar. Tetapi dengan semakin berkembangnya dan populernya tablet dan smartphone saat ini konsep penjualan telah berubah. Dengan Sistem POS Modern yang dapat diakses melalui tablet atau smartphone Anda bisa memberikan pelayanan ekslusif kepada pelanggan dengan membawa perangkat seluler ke pelanggan Anda, dan menerima pesanan di mana saja di dalam dalam toko tanpa perlu ada antrian yang mungkin bisa meningkatkan peluang loss sales.

Sistem POS Ritel modern juga memiliki fitur manajemen produk yang canggih yang dapat memberikan informasi mengenai detail produk dan dapat terintegrasi dengan barcode scanner, hal ini akan membantu meminimalkan kesalahan yang dilakukan karyawan Anda.

Selain itu, Sistem POS Ritel yang baik akan memberikan manfaat manajemen produk berikut:

  • Memberikan kemudahan pengaturan skema harga, diskon, promo, member dan sebagainya. Hal ini akan menghilangkan kesalahan perhitungan manual yang bisa menimbulkan fraud.
  • Product Management berdasarkan kategori, tipe, merk, dan banyak lagi.
  • Melacak jumlah stok secara real-time, dan mencegah loss sales akibat kehabisan barang.
  • Kemampuan untuk memberikan informasi detail mengenai produk terkait serial number/ IMEI, Batch dan expiry (kadaluwarsa).
  • Memiliki kemampuan mencetak barcode untuk setiap produk.
  • Memiliki kemampuan tidak terbatas untuk jumlah produk yang aktif dijual di toko.
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan, karena mengurani kerja manual
  • Membantu staf penjualan melakukan upselling dengan berbagai macam skema promosi.

Sistem POS Ritel modern akan menciptakan hubungan yang lebih mendalam dengan pelanggan. Sistem POS RItel mencatat semua aktifitas dan preferensi pelanggan. Pilihah Sistem POS dengan kemampuan Customer Relationship Management (CRM) yang baik atau paling tidak yang mampu memberikan informasi detail mengenai pelanggan. Tapi ingat, semua ini bisa tercapai jika staf penjualan juga sadar akan pentingnya data pelanggan bagi penjualan mereka. Tanpa kesadaran staf penjualan tak mungkin pelanggan akan memberikan data pribadi mereka dengan mudah.

Sistem POS Ritel adalah rahasia kesuksesan bagi para pengusaha ritel karena akan menyimpan informasi yang akurat tentang apa saja terkait siklus penjualan mulai dari pelanggan hingga persediaan. Dengan solusi POS Ritel modern seperti Turboly Cloud POS Anda akan mendapatkan laporan yang akurat sehingga memudahkan untuk analisa toko Anda. Sistem POS Ritel berbasis cloud dan berbasis web dianggap lebih fleksibel karena Anda dapat mengakses data dari mana pun Anda berada. Selain itu, data penjualan, persediaan, dan produk

Pada akhirnya, Sistem POS Ritel telah bertranformasi semakin berkembang menjawab semua kebutuhan untuk industri ritel. Pilihlah solusi POS Ritel yang tepat dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : APA YANG MEMBUAT SISTEM ERP MODERN?

turboly.com