Cara Mengoptimalkan Point of Sale Untuk Meningkatkan Penjualan

image

Point of Sale (POS) lebih dikenal sebagai sebuah Sistem POS, namun Point of Sale (POS) sesungguhnya adalah sebuah titik pertemuan atau pusat interaksi antara pelanggan dan produk itu sendiri dimana penjualan terjadi. Jadi, POS dapat kita manfaatkan dan maksimalkan untuk menarik perhatian pelanggan pada sebuah produk dan mem-promosikannya kepada pembeli yang sudah ada di toko dan siap untuk melakukan pembelian. Ketika dilakukan secara strategis, ini adalah strategi last minute sales dalam mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Jika kita perhatikan, hal ini yang saat ini diterapkan oleh retailer modern untuk meningkatkan penjualan mereka.

Mengapa cara ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan?

Pertama, kita sudah memiliki pelanggan yang sudah pasti melakukan pembelian (karena sudah berada di area pembayaran), jenis perilaku pelanggan seperti adalah pelanggan yang selalu terbuka untuk menambahkan item dalam pembelian mereka selama harga yang kita tawarkan menarik.

Kedua, item “add-on” ini yang relevan dapat berfungsi sebagai pengingat bagi pelanggan dan memicu dorongan untuk membeli. Sebagai contoh, snack, aksesoris atau produk lain dan pasti sesuaikan dengan lokasi toko kita. Misalnya jika toko kita berada di tepi pantai tempatkan produk perlindungan kulit sepert sunblock, dan lainnya. Jadikan last minute sales ini terjadi atas produk-produk yang mereka butuhkan.

Tidak semua orang atau pelanggan suka mengantri, jadi mengapa tidak membuatnya menyenangkan? Ubahlah sebuah proses antrian yang asalnya membosankan menjadi menarik. Buatlah design atau tempatkan dekorasi yang menarik dan membantu memperkuat keputusan mereka untuk membeli suatu produk dengan membuat mereka tetap tertarik dan tertarik ketika mereka menunggu.

Manfaat Menampilkan Point of Sale Efektif

Karena setiap transaksi penjualan akan berakhir pada area Point of Sale (POS), area POS harus menjamin bahwa pelanggan akan menjumpai produk unggulan kita dalam “perjalanan” mereka ke area POS. Kita bisa memanfaatkan pembelian impulsif pelanggan dari proses “perjalanan” mereka ini.

Cara lain yang lebih memanfaatkan teknologi adalah penggunaan layar promosi pada komputer/ hardware Sistem Point of Sale (POS). Buatlah iklan yang menarik yang membuat mereka tidak merasa bosan dalam menunggu, sisipkan promo spesial buat mereka misalnya Buy 1 Get 1, Purchase with Purchase (PwP) atau yang lainnya. Tanpa disadari media ini adalah sebagai pemicu impulsifitas pelanggan kita.

Namun perlu diingat, semua strategi diatas wajib diatur sedemikian rupa agar kesan area POS tetap nyaman dan lapang. Jangan sampai area POS dimana kita ingin mendapatkan tambahan penjualan malah menjadi area padat dan kurang menarik.

Baca juga : MENAMBAH PROFIT DENGAN DATA CLOUD POS REALTIME

turboly.com