5 Alasan untuk Menerapkan Sistem POS Mobile di Toko

image

Industri retail telah mengalami evolusi terkait dengan teknologi, hal ini timbul akibat makin tingginya tuntutan untuk memberikan pengalaman retail terbaik bagi customer. Salah satu inovasi teknologi yang mempengaruhi industri retail adalah penggunakan perangkat mobile seluler untuk Sistem Point of Sale (POS) untuk memberikan pengalaman unik bagi customer.

Perangkat Sistem POS Mobile Seluler, dirancang bukan sebagai Sistem POS tradisional, tetapi hadirnya Sistem POS Mobile sebagai pendukung Sistem POS tradisional untuk memberikan pelayanan lebih baik (baca : cepat) dan memberikan customer pengalaman baru yang berkesan. Berikut adalah 5 alasan mengapa retailer harus mulai menerapkan Sistem POS Mobile Seluler :

Mengurangi Waktu Antrian

Mobilitas memiliki kekuatan untuk memberikan pengalaman unik kepada customer dibandingkan dengan Sistem POS tradisional dan menariknya, Sistem POS Mobile Seluler dapat diintegrasikan dengan Sistem POS Tradisional jadi keduanya dapat berjalan secara bersamaan. Misalnya, selama waktu-waktu peak seasons saat toko sedang ramai. Sistem POS Mobile Seluler akan otomatis terhubung ke database secara real time.

Paperless

Dari sudut pandang retailer, tanda terima/ struk penjualan melaui email adalah merupakan cara yang bagus untuk mengumpulkan informasi pelanggan secara “halus” tanpa mengurangi fungsinya. Lagipula saat ini customer juga semakin menyadari bahwa struk penjualan melalui email lebih ramah lingkungan dan semua orang memiliki email saat ini, jadi hal ini juga bukan sesuatu yang sulit untuk diterapkan. Dengan sistem POS Mobile Seluler yang terintegrasi dengan Sistem ERP, kita dapat dengan mudah mengumpulkan alamat email pelanggan sambil memberikan struk penjualan langsung melalui email. Jika sistem ini dikombinasikan dengan program loyalitas pelanggan dan disimpan ke dalam Sistem ERP untuk mengetahui preferensi customer.

Keamanan

Manfaat lain dari Sistem POS Mobile seluler adalah adanya keamanan tambahan saat implementasinya. Setiap user memiliki akses tertentu dan bisa di-setting akses hanya di area toko saja melaui IP. Untuk menerapkan solusi ini, kita harus menggunakan Sistem Cloud POS yang memiliki stabilitas dan koneksi. Dengan tingkat keamanan dalam sistem ini kita tidak hanya dapat mengakses data secara real time, tetapi juga akan dapat menerapkan tingkat keamanan yang tinggi. Jadi tidak perlu kuatir akan adanya kebocoran data atau gagalnya transaksi.

Simplicity

Menerapkan solusi Sistem POS Mobile Seluler dapat membuat design toko lebih minimalis dan elegan tanpa adanya meja-meja besar untuk kasir. Jadi, kita dapat memaksimalkan ruangan agar lebih memanjakan customer dan lebih menonjolkan produk-produk unggulan di lokasi yang strategis.

Pelayanan Customer Jadi Lebih Mudah

Tanpa solusi Sistem POS mobile seluler, pelayanan kepada customer akan terbatas pada banyaknya berapa banyak counter kasir POS yang kita miliki. Hal ini bisa menjadi kendala dan menimbulkan loss sales jika kondisi toko sedang mencapai puncak penjualan. Solusi POS Mobile Seluler merupakan salah satu solusi untuk menciptakan layanan customer yang cepat dan ringkas. Fleksibilitas semacam inilah yang menjadikan mobilitas pilihan yang menarik bagi retailer yang membutuhkan solusi sesuai permintaan customer yang dapat dengan mudah diterapkan di toko.

Baca juga :SISTEM POS ADALAH KUNCI PELAYANAN PELANGGAN

turboly.com