Bagaimana Pengaruh Sistem ERP Terhadap Biaya Inventory?

image

Sistem ERP, atau Enterprise Resource Planning, dirancang untuk membantu perusahaan mengelola semua aktivitas operasional perusahaan. Salah satu faktor yang mendorong implementasi Sistem ERP di suatu perusahaan adalah manajemen biaya Inventory. Sistem ERP dapat membantu perusahaan untuk merampingkan biaya penyimpanan Inventory mereka dengan memberikan gambaran yang jelas tentang catatan dan data, dan bagaimana mereka terhubung ke setiap fungsi perusahaan, di seluruh perusahaan. Manajemen Inventory melibatkan pemesanan, penyimpanan, dan pengiriman stok atau produk perusahaan. Manajemen Inventory memiliki sebagai tujuan intinya, untuk mengurangi biaya penyimpanan dan menyediakan pembaruan dan peringatan yang akurat dan tepat waktu kapan harus memesan ulang, stok kembali, atau memproduksi barang. Manajemen Inventory yang keliru dapat mengakibatkan penjualan yang hilang karena masalah kehabisan stok atau stok mati. Masalah-masalah ini merupakan pemicu timbulnya pengeluaran tambahan dan Sistem ERP digunakan untuk mengurangi itu.

Apa itu Manajemen Biaya Inventory?

Manajemen biaya Inventory mungkin dianggap sederhana dan memiliki pengaruh kecil, padahal sebenarnya Manajemen Biaya Inventory adalah salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan karena Inventory mewakili 30% hingga 50% dari aset operasi perusahaan, suatu angka yang tidak boleh diabaikan.

Bagaimana sistem ERP membantu merampingkan Manajemen Biaya Inventory?

Sistem ERP membantu proses manajemen Inventory dengan mengambil informasi dari semua aspek perusahaan untuk memberikan informasi atau data stok apa yang akan disimpan, kapan dan berapa banyak. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan data real-time dan historis, untuk membuat penilaian yang akurat dari stok yang produktif. Berdasarkan data Ini dapat digunakan untuk memprediksi kebutuhan stok masa depan secara optimal. Secara khusus, Sistem ERP akan membantu proses Manajemen Biaya Inventory seperti :

  • Mengurangi Inventory Kelebihan
  • Penghematan Biaya Sistem
  • Efisiensi Pergudangan
  • Peningkatan Tingkat Layanan Pelanggan
  • Transparansi Pembelian
  • Ekspansi perusahaan

Sistem ERP memiliki peran yang kuat jika diimplementasikan pada perusahaan yang memiliki kebutuhan manajemen inventory yang kompleks.

Baca juga : MANFAAT PURCHASE ORDER

turboly.com