Mengapa Toko Handphone Membutuhkan Sistem ERP?

image

Handphone atau mobile phone merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat saat ini dan tidak dipungkiri bisnis penjualan handphone pun merupakan salah satu penopang pertumbuhan industri ritel. Dalam bisnis jual beli ritel handphone Sistem ERP adalah suatu keharusan mengingat handphone merupakan salah satu produk “fast moving” dan diperlukan kontrol yang cukup ketat untuk mengantisipasi ada fraud.

Lalu, sistem ERP seperti apa yang dibutuhkan oleh retailer handphone? Sistem ERP yang sesuai untuk toko handphone adalah Sistem ERP yang memiliki kemampuan untuk :

  1. Melacak ponsel oleh IMEI (International Manufacturers Equipment Identifier).Kemampuan untuk mencatat pre-order,

  2. Memiliki skema diskon harga pada handset dan jenis pembayaran

  3. Memberikan informasi komisi pada catatan penjualan.

Mengapa 3 hal diatas penting? Iya, karena bisnis ponsel merupakan suatu bisnis yang unik, pertama dari sisi produk. Pencatatan stok ponsel tidak hanya berdasarkan kuantiti melainkan juga wajib mencatat IMEI karena setiap ponsel memiliki nomor IMEI sendiri dan hal ini wajib dicatat pergerakannya. Selain itu, IMEI juga wajib dilaporkan kepada principal (produsen) untuk mengetahui IMEI mana yang sudah beredar (segel dibuka) mana yang belum. Karena ketika kita melakukan return ke principal, mereka akan mencocokan IMEI mana yang mereka kirimkan ke toko kita. Selain itu fungsi IMEI bagi customer juga untuk tanda keaslian sebuah ponsel dan ini biasanya akan berpengaruh kepada masa garansinya.

Kedua, mengenai skema diskon. Jika kita perhatikan setiap toko ponsel akan memberikan berbagai macam promosi yang unik, baik itu terkait ponsel tipe tertentu ataupun dengan pembayaran tertentu. Maka Sistem ERP harus bisa menyediakan fitur promo diskon yang bisa memberikan fleksibilitas yang sesuai dengan promo yang mereka terapkan. Promo ini bukan serta - merta kebijakan dari toko melainkan bisa juga kebijakan dari principal atau bank yang bekerjasama dengan toko ponsel.

Ketiga, mengenai komisi. Komisi adalah salah satu cara untuk memotivasi karyawan / sales person kita untuk menjual lebih banyak. Dengan berbagai skema harga yang ditetapkan, Sistem ERP wajib bisa untuk menyesuaikan komisi yang didapatkan oleh sales person. Memang hal ini bisa dengan mudah jika dikerjakan manual, tapi akan lebih baik jika sistem ERP menyediakan informasi data ini sehingga user akan dengan mudah melakukan pelacakan.

Manajemen Ritel untuk Toko Ponsel

CONTROL untuk retailer ponsel adalah Sistem Point of Sale (POS) dan Sistem Inventory Manajemen yang akan menyederhanakan dan mengotomatiskan proses agar lebih sederhana namun lengkap dan memberikan manfaat berikut:

  • Mencatat pergerakan IMEI saat diterima, di transfer, di return dan dijual.
  • Secara otomatis mencatat transaksi tunai atau pre-order.
  • Membuat berbagai produk bundling untuk kebutuhan promosi.
  • Memiliki fitur rekonsiliasi penjualan kepada principal khususnya untuk produk konsinyasi.
  • Memberikan informasi data stok di tingkat multi-toko dan gudang.
  • Meningkatkan layanan pelanggan dan meningkatkan penjualan melalui modul customer relationship management (CRM).
  • Memungkinkan manajemen persediaan yang efisien dan pengisian ulang.

Baca juga : APAKAH FUNGSI IMEI?

turboly.com