Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan Bisnis dengan Software ERP

image

Teknologi telah menciptakan serangkaian alat bantu yang memberikan peluang yang sama bagi UKM dan perusahaan besar untuk memanfaatkan data untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Software Enterprise Resource Planning (ERP) adalah salah satu teknologi yang dibuat bukan hanya sebagai alat bantu operasional tapi juga berperan sebagai pengumpul data di perusahaan. Tujuan utama Software ERP saat ini adalah untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan strategis dalam perusahaan.

Dengan bantuan Software ERP, perusahaan dapat meningkatkan keputusan bisnis dengan menganalisis data untuk mengidentifikasi tren dan solusi, menjaga informasi bisnis terbaru dan terpusat, yang mengarah ke keputusan bisnis yang lebih baik, kontrol inventory yang lebih baik, dan kinerja keuangan yang lebih kompleks.

Apa itu Software ERP?

Software ERP adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Dewasa ini perusahaan memperhitungkan ERP sebagai bagian penting dari suatu perusahaan. Software ERP mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam perusahaan. ERP mampu menyediakan informasi secara real-time tentang proses bisnis inti perusahaan seperti Penjualan, Customer, produksi, Inventory Management, hingga ke Finance & Accounting.

Sangat penting bagi organisasi untuk memiliki pemahaman yang baik tentang data dalam sebuah bisnis dan Software ERP memungkinkan perusahaan untuk memiliki hal itu karena Software ERP dapat memberikan laporan kinerja setiap departemen dengan akurat.

Manfaat Software ERP

Seperti disebutkan, manfaat utama yang diberikan oleh Software ERP adalah membantu para pemimpin perusahaan, manajerial level, dan staf operasional lainnya memiliki banyak data dan informasi dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik sesuai dengan keadaan terkini perusahaan.

Pelaporan didasarkan pada informasi yang akurat dan tepat waktu yang membantu perusahaan mengukur kinerja proses bisnis mereka dengan lebih tepat. Software ERP membantu perusahaan membuat keputusan berdasarkan informasi tentang isu-isu strategis karena informasi utama yang mereka berikan pada kinerja perusahaan saat ini dan historis bersama dengan data tentang tren masa depan, permintaan yang diharapkan dan perilaku konsumen.

Software ERP juga membantu mengarahkan pendapatan dengan mengidentifikasi proses bisnis yang tidak efisien dan dengan menyoroti peluang efisiensi dan peluang bisnis lainnya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang lebih besar dan meningkatkan profitabilitas secara keseluruhan.

Software ERP memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan setiap Point of Sales (POS) dengan data customer dan memberikan informasi customer secara detail terkait pembelian sebelumnya, dan kebiasaan customer. Dari data yang diberikan ini, Software ERP dalam membantu segmentasi pelanggan menjadi lebih mudah dan memberikan keuntungan dimana kita dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal kepada mereka berdasarkan segmen-nya.

Memilih Software ERP yang tepat

Untuk mendapatkan manfaat terbesar dari Software ERP, kita perlu memastikan bahwa kita berinvestasi dalam Software ERP yang tepat untuk bisnis yang kita jalankan. Software ERP yang dipilih harus memberi manfaat :

  • Kemudahan untuk memproses data - dengan cara yang membantu pengguna memahami dengan tepat apa yang terjadi dalam bisnis dan membantu manajer menentukan strategi untuk pertumbuhan di masa depan.
  • Biaya = manfaat - manfaat yang berada dalam konteks apa yang perusahaan mampu tetapi juga memiliki fitur dan fungsionalitas yang dibutuhkan bisnis.
  • User friendly - Software ERP harus mudah digunakan dan mudah diakses sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk melakukan berbagai fungsi.

Baca juga : Mengenal ERP Product Management

turboly.com