Perbedaan Antara Grosir dan Eceran

image

Kata grosir berarti menjual dalam jumlah besar dan singkatan ritel untuk menjual barang dagangan dalam jumlah kecil. Grosir dan eceran adalah dua pengaturan distribusi yang merupakan bagian utama dari rantai pasokan. Ketika barang diproduksi, dan dijual dalam jumlah besar (grosir) kepada pedagang besar yang selanjutnya menjualnya ke pengecer yang akhirnya menjualnya kepada pelanggan akhir (ritel).

Untuk lebih mudah memahami, berikut kami menguraikan perbedaan mendasar antara perdagangan grosir dan eceran:

  • Grosir berarti penjualan barang dalam jumlah banyak, dengan harga “murah”. Bisnis menjual barang kepada konsumen akhir dalam lot kecil dengan untung dikenal sebagai Ritel.
  • Wholesale menciptakan hubungan antara produsen dan pengecer sedangkan Retail menciptakan hubungan antara grosir dan pelanggan.
  • Ada perbedaan besar antara harga grosir dan eceran dari komoditas tertentu, yaitu harga grosir selalu lebih rendah dari harga eceran.
  • Dalam bisnis grosir, tidak ada persyaratan seni menjual barang yang merupakan keharusan dalam hal bisnis ritel.
  • Ukuran bisnis grosir lebih besar daripada bisnis ritel.
  • Dalam bisnis ritel, pemilik toko ritel dapat memilih barang secara bebas yang tidak mungkin dilakukan dalam bisnis grosir karena barang tersebut harus dibeli dalam jumlah besar.
  • Dalam bisnis grosir, persyaratan modal lebih tinggi daripada di bisnis ritel.
  • Lokasi sangat penting dalam ritel, tetapi dalam grosir, lokasi tidak menjadi masalah sama sekali.
  • Saat menjual barang secara eceran, penampilan toko dan tampilan barang harus bagus untuk menarik lebih banyak pelanggan. Namun, dalam grosir, tidak ada kebutuhan semacam itu.
  • Tidak ada persyaratan beriklan di grosir tetapi bisnis ritel membutuhkan iklan untuk menarik perhatian pelanggan.

Dalam proses pengolahan bahan baku menjadi barang jadi merupakan suatu proses yang panjang. Ada begitu banyak bagian yang terlibat dari pembelian bahan baku hingga produksi dan akhirnya jadilah sebuah produk yang dapat kita dapatkan di toko ritel. Dalam usaha grosir, persaingan ringan dapat dilihat, tetapi dalam ritel, ada persaingan ketat, sehingga sangat penting untuk mempertahankan dan selalu mendapatkan pelanggan baru.

Cloud ERP Turboly merupakan Sistem ERP yang diciptakan untuk industri ritel, grosir, manufaktur dan perakitan. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai fungsi dan manfaat Turboly.

Baca juga : PENGALAMAN MENGUNTUNGKAN UNTUK BISNIS RITEL

turboly.com