Inventory Dengan Batch Number dan Expired Date pada Distributor Kosmetik

image

Bagi Anda yang menjalankan bisnis distributor kosmetik akan sangat familiar dengan tanggal kadaluwarsa dan nomor batch. Karena setiap produk kosmetik akan memilik tanggal kadaluarsa sehingga dalam setiap pembelian dari supplier akan memiliki nomor batch dan tanggal kadaluwarsa yang berbeda. Dalam implementasinya barang dengan tanggal kadaluwarsa (expired date) yang paling awal akan dijual pertama dan begitu seterusnya, agar proses tersebut dapat berjalan dengan akurat maka dibutuhkan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang memiliki fitur pencatatan tanggal kadaluwarsa (expired date) dan batch number untuk mengontrol pergerakan inventory.

Akan sangat kesulitan untuk mengontrol persediaan dengan jumlah stock yang mencapai ribuan item dengan berbagai macam tipe yang memiliki tanggal kadaluwarsa (expired date) dan batch number jika tanpa menggunakan Sistem ERP. Selain prosesnya menjadi lebih rumit, kontrol tanpa Sistem ERP dapat menimbulkan kerugian akibat tidak tepat dalam mengatur pergerakan barang. Baik itu karena produk tersisa menjadi kadaluwarsa atau menjadi rusak. Dengan memanfaatkan Sistem ERP seperti Turboly resiko-resiko seperti diatas dapat dihindari. Berikut manfaat penerapan Sistem ERP untuk mengontrol pergerakan barang yang memiliki tanggal kadaluwarsa (expired date) :

  • Kontrol Dimulai dari Penentuan produk. Semua produk memiliki batch number hal ini akan terkait dengan produksi, distribusi, dan sebagainya. Namun tidak semua produk memiliki masa expired date. Maka dari itu, kontrol sistem pertama kali adalah menentukan mana produk yang memiliki expired date mana yang tidak.
  • Penerimaan Barang/ Purchase Delivery. Untuk produk yang memiliki expired date dan batch number, maka wajib dicatat saat pertama kali barang diterima yaitu dari proses penerimaan barang. Dari proses ini kita dapat menganalisa berapa banyak yang harus kita jual dalam beberapa periode kedepan untuk menghindari kerugian akibat stok rusak karena sudah kadaluwarsa.
  • Mengetahui Batch mana yang buruk. Ini penting, karena meskipun memiliki supplier yang terpercaya, namun terkadang ada produk yang sama tapi memiliki kualitas yang kurang baik. Nah, jika hal ini terjadi kita bisa dengan mudah mengetahui produk tersebut atas batch yang mana dan akan dengan mudah dilacak oleh supplier.\
  • Mudah mengambil keputusan. Dengan sistem ERP akan memberikan informasi data yang sangat luas. Salah satunya terkait dengan produk-produk yang mendekati masa expired date. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka akan dengan mudah kita menentukan strategi produk ini harus dilakukan action apa, misalnya promo diskon ataupun sales return.

Jadi dengan memanfaatkan Sistem ERP seperti Turboly Cloud ERP akan dengan sangat mudah dan akurat. Namun tentunya harus didukung dengan Standart Operation Procedure (SOP) yang tepat dan diterapkan secara konsisten. Maka mengontrol inventory dengan batch number dan expired date bagi perusahan distributor kosmetik akan menjadi pekerjaan yang mudah, efektif dan efisien.

Baca Juga :MENGENAL PRODUCTION DATE EXPIRED DATE DAN PAO

turboly.com