Dukungan Manajemen Sangat Penting saat Implementasi ERP

image

Sebagian besar keberhasilan implementasi Software ERP dipengaruhi oleh dukungan manajemen untuk perubahan. Implementasi Software ERP menunjukkan bahwa fokus pada orang dan proses adalah faktor penentu keberhasilan implementasi. Mengapa Dukungan Manajemen Sangat Penting saat Implementasi ERP?

Manajemen disini adalah orang-orang yang memiliki level tinggi diperusahaan. Sehingga jika dalam suatu implementasi Software ERP diperlukan suatu perubahan dalam sebuah proses contohnya, staff dibawah akan mau tidak mau mengikuti selama perubahan proses tersebut sudah disepakati oleh manajemen. Lain halnya jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka proses perubahan dalam sebuah implementasi Software ERP akan sulit terjadi. Karena tantangan terbesar dalam implementasi Software ERP adalah dari internal staff itu sendiri. Maka dari itu, dukungan manajemen untuk perubahan sangat diperlukan saat implementasi Software ERP. Manajemen perubahan organisasi jauh lebih dari sekadar komunikasi. Ini adalah metodologi strategis yang mendukung manajemen perubahan suatu proses yang terintegrasi. Ketika komunikasi sudah berjalan dengan baik maka proses selanjutnya adalah pelatihan, dan persiapan implementasi.

Manfaat lain dukungan manajemen dalam implementasi Software ERP adalah menciptakan perubahaan proses bisnis yang berkesinambungan dalam perusahaan. Dari implementasi Software ERP akan diketahui kelemahan dan proses yang tidak efektif maka diperlukan suatu keputusan perubahan yang cepat.

Dukungan manajemen akan perubahan melibatkan pengenalan praktik-praktik terbaik dan efisien di seluruh proses dan bagian perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan, dan memaksimalkan nilai Software ERP itu sendiri.

Dukungan manajemen terkait Software ERP lebih dari sekadar memilih dan menerapkan sistem ERP. Tapi lebih luas daripada itu, yaitu tentang manajemen perubahan yang fokus pada “orang dan proses” menghasilkan nilai dari sebuah Software ERP.

Seperti halnya proyek yang kompleks, penolakan terhadap perubahan adalah normal, dan bukan hal yang baru. Maka dari itu diperlukan persiapan untuk mengelola dan untuk meminimalkan dampak yang bisa dimilikinya. Mengabaikan hal ini bukanlah suatu pilihan dalam implementasi Software ERP.

Dalam implementasi Software ERP adalah suatu proses memanfaatkan teknologi untuk suatu perubahan melalui pendekatan yang inovatif dalam perusahaan yang menghasilkan kinerja yang lebih efektif dan efisien untuk mencapai keuntungan yang maksimal. Sebagai perusahaan penyedia Layanan Software ERP yang melayani industri retail, wholesale, manufaktur dan perakitan, Turboly berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan penggunanya dengan fokus proses dan pengguna (user).

Baca Juga :RESIKO BAWAAN SOFTWARE ERP

turboly.com