Pengertian & Manfaat Bill Of Material (BOM) Dalam Industri

image

Pengertian Bill of Material (BOM). Definisi atau pengertian Bill of Material adalah definisi produk akhir yang terdiri dari daftar item, bahan, atau material yang dibutuhkan untuk merakit, mencampur atau memproduksi produk akhir.

BOM terdiri dari berbagai bentuk dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam proses industri manufacture atau lainnya. BOM dibuat sebagai bagian dari proses desain dan digunakan oleh manufacturing engineer untuk menentukan item yang harus dibeli atau diproduksi.

Perencanaan pengendalian produksi dan persediaan menggunakan BOM yang di-hubungkan dengan master production schedule, untuk menentukan release item yang dibeli atau diproduksi. Berbagai macam definisi Bill of Material (BOM) :

  1. Sebuah daftar jumlah komponen, campuran bahan, dan bahan baku yang diperlukan untuk membuat suatu produk. BOM tidak hanya menspesifikasi produk tapi juga berguna untuk pembebanan biaya dan dapat dipakai sebagai daftar bahan yang harus dikeluarkan untuk karyawan produksi atau perakitan.

  2. Sebuah daftar jumlah komponen, campuran bahan, dan bahan baku yang diperlukan untuk membuat suatu produk.

  3. Sebuah daftar hierarki dari material (component, subassembles, ingredent..) yang dibutuhkan untuk memproduksi sebuah produk, menunjukkan jumlah setiap item yang dibutuhkan. Informasi-informasi lain mungkin juga dimasukkan dalam BOM untuk planning dan costing.

  4. Sebuah daftar dari komponen-komponen yang menyusun sebuah sistem. Contohnya, sebuah BOM dari sebuah Motor terdiri dari ban, velg, jok, mesin, dan lainnya.

  5. Dokumen yang digunakan oleh sebuah perusahaan manufaktur atau bisnis lainnya untuk meminta material dari inventory yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. BOM menunjukkan spesifikasi dari setiap item dan ‘wakil’ dari perusahaan kepada pelanggan. Penghasil industri barang dan bahan mentah dapat mendapat mengetahui kebiasaan membeli pelanggan-pelanggannya dari informasi-informasi dalam BOM. BOM juga digunakan untuk keperluan accounting dengan tujuan untuk mengkalkulasi harga dari produk yang dibuat.

  6. Sebuah daftar dari raw materials, assemblies, sub-component, parts dan jumlah dari kebutuhan untuk mengolah produk akhir.

  7. Bill of Material (BOM) adalah sebuah daftar yang mencantumkan seluruh assembly, part, dan bahan baku beserta jumlahnya masing-masing, yang diperlukan untuk membuat sebuah produk jadi.

Sebuah Bill of Material yang akurat menunjukkan informasi tentang masing-masing input produk, seperti : nomor komponen, deskripsi komponen, jumlah yang diperlukan untuk setuap komponen, satuan ukurannya, dan lead time pengerjaan/pemesanan. Seluruh item dan BOM harus diidentifikasi dan diberi nomor secara unik (Nomor Serial)

Bill of Material (BOM) yang tradisional memperlihatkan daftar komponen tersebut dalam bentuk struktur produk dan dinyatakan dalam level manufaktur. Dalam bentuk skematik, selain dikenal sebagai struktur produk, BOM yang terstruktur dikenal juga sebagai pohon produk.

Baca Juga : MENGAPA BILL OF MATERIAL SANGAT PENTING

turboly.com