Manajemen data produk yang sederhana dan efektif dengan ERP

image

Product Management adalah kemampuan untuk menelusuri spesifikasi produk, tanggal produksi produksi, historis pembelian dengan akurasi yang besar. Ini merupakan aspek dari software Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat sangat bermanfaat. Itu karena manajemen data produk yang terintegrasi dalam ERP memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, dan membangun margin keuntungan.

Fungsionalitas data produk dalam ERP akan menangkap dan menyusun informasi digital menjadi terpusat, untuk mendukung manajemen penjualan, inventory, produksi, kontrol, dan biaya. Ini adalah cara untuk membantu memastikan bahwa bagian penjualan dan bagian inventory menjadi “satu wawasan”. Kolaborasi dan kontrol produk lebih terjamin jika jenis data ini dibangun dalam Sistem ERP.

Misalnya, data produk yang sudah terdaftar dalam software ERP meliputi informasi detail setiap item, untuk membantu tim pembelian dalam mencari produk subtitusinya untuk mengantisipasi lonjakan permintaan. Data produk dapat digunakan untuk mendorong proses yang lebih cepat dan lebih efisien.

Konfigurasi produk

Salah satu alasan paling penting untuk mengeksplorasi potensi Software ERP untuk merangsang peningkatan manajemen data produk adalah untuk memenuhi pemesanan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Semakin banyak, perusahaan ritel mendapatkan permintaan pelanggan untuk produk. Maka, perlu mencari beberapa sumber produk (supplier) atau mencari produk subtitusi dengan konfigurasi produk yang sama persis dengan preferensi produk aslinya. Jika retailer tidak dapat menanggapi permintaan pelanggan yang terperinci dapat menimbulkan risiko loss sales. Dalam kondisi seperti inilah berbagai data produk tersedia dalam Software ERP dapat menciptakan proses penjualan yang jauh lebih gesit dan responsif, yang darinya menumbuhkan kemampuan untuk mengatasi perubahan dan penyesuaian produk, namun tetap menguntungkan.

Didasarkan pada memiliki software yang cocok dengan industri, kebutuhan dan tantangan yang dihadapi. Software ERP juga perlu dikonfigurasikan dengan hati-hati agar sesuai dengan tujuan perusahaan namun tetap scalable untuk tumbuh bersama perusahaan seiring perkembangannya. Memiliki informasi produk yang terperinci di satu tempat akan memberikan kemampuan yang lebih besar untuk mengevaluasi, mengukur, membandingkan, dan meningkatkan efisiensi end-to-end.

Software ERP juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi, terutama untuk produk yang memiliki batch & expiry date, karena memastikan data produk terbaru, paling akurat digunakan, menawarkan tingkat kontrol yang tinggi. Kita dapat menggunakan kemampuan manajemen data produk dalam solusi ERP untuk memecahkan masalah ketika suatu produk menghadapi kendala atau masalah kualitas dan biaya.

Turboly Cloud ERP adalah Software ERP komprehensif dengan data produk yang tak terbatas dan memiliki fungsi konfigurator yang dapat membantu retailer dan wholesale mengelola semua informasi produk mereka.

Baca Juga : SAATNYA BERALIH KE ERP SOFTWARE

turboly.com