Mengenal Kembali Sistem Point of Sale (POS)

image

Sistem Retail Point of Sale (POS) kini sudah menjadi bagian yang penting dari operasional berbagai usaha, dan fungsinya pun kini sudah lebih dari sekedar untuk memproses transaksi penjualan. Untuk mendukung berjalannya Sistem POS diperlukan beberapa perangkat meliputi komputer/ laptop, cash drawer, printer, layar tampilan customer, dan scanner barcode. Sistem POS juga dapat diintegrasikan dengan layanan pembayaran seperti EDC. Dengan semakin berkembangnya teknologi Sistem POS dewasa ini mulai menggunakan perangkat mobile POS untuk memudahkan penggunanya dalam memberikan pengalaman belanja yang menarik bagi customer.

Sistem POS modern terdiri dari sejumlah fungsi seperti penjualan retail, diskon dan promosi, return, exchange/ claim, membership & loyality point, dan masih banyak lagi. Sistem POS juga dapat memungkinkan untuk fungsi-fungsi seperti promosi penjualan yang spesifik terhadap jam dan pembayaran sesuai dengan kebutuhan saat ini. Modernisasi Sistem POS saat ini menawarkan fungsi yang lebih banyak termasuk untuk pengendalian inventory, pembelian, penerimaan dan transfer produk ke dan dari toko lain. Hal ini akan memberikan informasi penjualan dan inventory untuk keperluan pelaporan serta informasi pelangga, pemasaran dan analisis pembelian hingga customer.

Mengapa toko retail perlu di-komputerisasi?

Tujuan bisnis retail yang utama adalah memberikan layanan customer yang terbaik. Sistem POS adalah alat yang membuat pekerjaan itu lebih cepat, lebih mudah dan lebih menguntungkan, tetapi harus ada manfaat biaya untuk komputerisasi. Dengan teknologi saat ini, manfaatnya ada selama ada komitmen untuk menggunakan potensi sistem secara penuh. Komputerisasi bisnis memang tidak selalu memberikan dampak keunggulan yang signifikan dibandingkan kompetitor kita, tapi Sistem POS akan membuat bisnis retail tetap kompetitif.

Apakah Sistem POS membuat inventory lebih baik?

Iya, memanfaatkan Sistem POS akan sangat berdampak positif bagi inventory karena Sistem POS dapat diintegrasikan dengan barcode scanner yang akan lebih cepat dan lebih akurat baik itu ketika penjualan, stock opname hingga penerimaan barang. Informasi tersebut secara otomatis akan mempengaruhi pergerakan inventory.

Apa keuntungan memiliki barcode scanner?

Barcode sangat meningkatkan integritas transaksi Sistem POS. Jika staff penjualan/ kasir harus memasukkan kode SKU untuk setiap transaksi POS, maka akan muncul peluang untuk membuat kesalahan. Sistem POS yang baik harus mampu mencetak label barcode dalam dua ukuran dan dapat secara otomatis mencetak label untuk setiap item dalam pengiriman terakhir.

Apakah memasukkan nama dan alamat customer terlalu lama dan mengganggu customer?

Mungkin, dan penting untuk menjadi sangat sensitif terhadap keengganan customer. Namun, informasi ini sangat berharga sehingga tidak berusaha mengumpulkannya mungkin merupakan kerugian. Pengalaman menunjukkan bahwa lebih banyak biaya untuk mendapatkan customer baru ke toko daripada mendapatkan yang lama. Jenis pemasaran ini telah terbukti menjadi cara yang paling hemat biaya untuk meningkatkan penjualan. Sistem POS yang lebih baik memungkinkan beragam data customer dan kemampuan pengiriman yang dapat mengidentifikasi customer berdasarkan tanggal pembelian terakhir, tanggal lahir, riwayat pembelian, jenis customer, dan sales person. Dari data inilah informasi yang kuat untuk menargetkan promosi.

Berapa lama implementasi Sistem POS?

Dalam implementasi Sistem POS seperti Turboly, implementasi dimulai dari saat kita mempelajari business flow customer, setelah itu baru masuk tahap yang paling penting yaitu training, fase terakhir yang paling menentukan adalah pengaturan sebelum go live. Fase pengaturan bisa menjadi masalah dimasa depan jika tidak direncanakan dengan benar. Berikan banyak waktu bagi staf / user untuk terbiasa dengan hal baru.

Baca Juga : POS REFRACTION UNTUK TOKO OPTIK

turboly.com