Cara Kerja Customer Loyalty Programs?

image

Program loyalitas pelanggan Ini adalah salah satu dari banyak strategi untuk menarik pelanggan baru, Selain itu, Program loyalitas pelanggan adalah cara untuk menjaga pelanggan tetap setia di tengah persaingan dunia ritel yang semakin ketat. Program Loyalitas Pelanggan yang banyak dikenal adalah dengan konsep program hadiah, kartu poin, kartu keuntungan atau kartu membership.

Apa itu program loyalitas pelanggan?

Program Loyalitas adalah program pemasaran yang dirancang khusus yang disusun untuk mendorong pelanggan untuk terus menggunakan barang atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis tertentu. Mereka ada di hampir setiap bidang ekonomi mulai dari maskapai penerbangan hingga ritel barang dan jasa. Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dapat melacak poin pelanggan secara digital melalui nomor pelanggan, nomor ponsel atau sistem pelacakan lainnya - dan mengalokasikan poin secara otomatis . Pelanggan akan diberi diskon saat ada promosi tertentu yang sudah di setup pada Software Point of Sale (POS) atau pelanggan akan mendapatkan ‘poin’ dari setiap pembelanjaan yang mereka lakukan.

Apa keuntungan bagi pelanggan?

Dalam dunia ritel khususnya, pelanggan dihargai atas kesetiaan mereka. Ini bisa dalam bentuk penawaran pilih, diskon pembelian di masa depan, atau bahkan hadiah gratis. Dewasa ini, semakin banyak pelanggan menuntut program semacam ini untuk meningkatkan kepuasan mereka.

Pelanggan setia

Aspek utama dari program loyalitas adalah tentang mempertahankan pelanggan. Secara umum, akan lebih mahal untuk memasarkan dan membujuk pelanggan pertama kali, daripada memuaskan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Biasanya menjalankan skema atau program loyalitas bekerja lebih hemat biaya untuk bisnis daripada memenangkan pelanggan baru sepanjang waktu. Selain itu, sebagian besar perusahaan akan menjalankan program loyalitas di atas kampanye pemasaran yang ada. Itu berarti bahwa mereka akan mempertahankan basis klien yang sudah ada sambil menarik pelanggan tambahan di atas-akhirnya mengembangkan bisnis mereka. Selain itu, program loyalitas aktif dapat bertindak sebagai insentif besar bagi pelanggan baru, yang dibujuk oleh manfaat jangka panjang dari kesetiaan dan pembelian berulang dengan perusahaan tertentu.

Inti dari semuanya ini adalah data. Jika pelanggan bersedia untuk mengikuti program loyalitas maka untuk mendaftar ke suatu program, pelanggan akan diminta untuk memberikan informasi pribadi pelanggan, dan hal ini akan memberikan informasi yang sebelumnya tidak dimiliki. Berapa usia pelanggan, di mana mereka tinggal, berapa usia mereka? Semua informasi ini akan membantu bisnis menarik lebih tepat sesuai target yang dituju. Selain itu juga, program loyalitas pelanggan akan mengidentifikasi celah di segmen atau pasar mana yang lemah. Dengan informasi itu kita dapat melihat siapa yang membeli apa, kapan mereka membelinya, berapa banyak mereka tetapi, dan apa lagi yang mereka beli pada waktu yang bersamaan. Hal ini akan membantu untuk memahami bagaimana dan kapan promosi harus ditawarkan dan kemana,

Program loyalitas pelanggan juga adalah solusi terbaik untuk pelanggan dan supplier. Ketika dijalankan secara efektif, mereka dapat memberikan manfaat nyata bagi pelanggan - yang pada gilirannya meningkatkan pembelian berulang untuk bisnis. Ketika data dianalisis dan digunakan secara efektif oleh suatu bisnis, pelanggan dapat menerima penawaran pemasaran yang ditargetkan yang sangat menarik bagi mereka, dan bisnis tersebut memiliki seluruh jajaran informasi pasar yang tersedia untuk meningkatkan pengeluaran pelanggan saat ini dan menarik pelanggan baru untuk bisnis.

Baca juga :DAMPAK SISTEM ERP BAGI PELANGGAN

turboly.com