4 Tips Untuk Onboarding ERP Secara Online

image

Training Software ERP secara online akan memberi karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang mereka akan Software ERP yang mereka gunakan sehari hari. Namun , itu bagi perusahaan yang sudah menggunakan Software ERP sebelumnya. Bagaimana untuk perusahaan yang benar benar baru akan memulai menggunakan Software ERP atau migrasi ke Software ERP baru ditengah-tengah kondisi physical distancing saat ini? Apakah bisa dilakukan Onboarding Software ERP secara online juga?

Berikut adalah 5 tips penting saat akan melakukan onboarding Software ERP secara online, agar semua proses mulai dari training, setup dan setting dapat berjalan dengan sempurna meskipun dilakukan secara online.

1. Trial & Simulasi

Sebagian besar karyawan sebagai user pasti tidak mengetahui bagaiamana cara menggunakan SIstem ERP yang baru. Mereka tidak tahu bagaimana cara login atau di mana menemukan modul kerja mereka. Semuanya tidak dikenal, tanpa panduan yang tepat dapat merusak kepercayaan diri mereka. Namun, perlu untuk sebelum training dimulai, karyawan diberikan akun demo dan panduan baik cetak ataupun video agar dapat memberikan pada mereka pengalaman langsung sebelum training dimulai. Simulasi dunia nyata memberikan mereka gambaran bagaiaman software ini bekerja. dan membiasakan dengan “lokasi-nya”.

2. Mentor Pelatihan Online

Berbicara tentang pengalaman, ada anggota tertentu dari perusahaan yang memilikinya pengetahuan karena telah berkecimpung di industri ini selama bertahun-tahun dan siap dan mau berbagi keahlian dengan karyawan lain. Manfaatkan keterampilan dan bakat mereka dengan memasangkannya dengan tim technical support sebagai trainer dari vendor ERP. Namun, sebelumnya harus dipastikan bahwa “key person” ini memiliki pemahaman yang sama dengan tim technical support agar tidak terjadi komunikasi yang salah.

3. Infrastruktur

Saat melakukan onboarding Software ERP secara online, penting untuk didukung dengan software konferensi web seperti : Zoom, Skpe atau Google Meeting membantu semua peserta training tetap terhubung. Selain itu, dapat juga dengan memanfaatkan media sosial dan forum diskusi hingga aplikasi pesan pribadi saat mengatur kelompok bimbingan sesuai dengan departemen dan bagian mereka. Biarkan semua orang tahu bagaimana mereka harus berpartisipasi, kapan mereka akan berkomunikasi, dan dari hal ini kita bisa memantau kemajuan mereka. Selain itu, baik trainier dan mentor harus memiliki akses untuk mendukung sumber daya online.

4. PIC Sistem Admin

Selain training, tahapan dalam onboarding Software ERP adalah setup data.oleh karena itu diperlukan tim sebagai sistem admin untuk membantu technical support dari vendor melakukan collect data dari setiap departemen, mulai dari penjualan, inventory hingga accounting.

Baca Juga : SAATNYA BERALIH KE ERP SOFTWARE

turboly.com