Apa yang Harus Dilakukan Jika Toko Harus Tutup Karena COVID-19

image

Industri penjualan ritel dan grosir (wholesale) telah dipengaruhi oleh virus Covid-19 dan mungkin juga Anda mengalaminya saat ini yang menharuskan menutup toko. Untuk melewati masa sulit ini, ada beberapa cara agar keadaan sulit menjadi terasa lebih mudah, berikut tips apa yang bisa dilakukan selama toko tutup :

Mengalihkan Pengiriman Supplier

Menunda atau mengalihkan pengiriman barang ke rumah adalah cara yang mungkin bisa dilakukan. Jadilah lebih proaktif menjalin komunikasi dengan supplier, karena supplier adalah mitra dan mereka akan mencoba membantu.

Berikan Informasi ke Toko Rekanan

Jika Anda sebagai pedagang grosir, atau menjalankan usaha konsinyasi. Maka sebaiknya segera untuk memberitahu rekan toko Anda bahwa Anda akan ditutup tanpa batas waktu. Jika memungkinkan tetap berikan kelonggaran pembayaran. Hal ini akan membuat mereka juga merasa terbantu dan pasti akan membalas dengan kesetiaan di masa depan.

Awasi Keuangan Anda

Kontrol pengeluaran. Perhatikan dengan saksama segala sesuatu yang dibelanjakan dan evaluasi untuk menentukan apakah itu benar-benar diperlukan saat ini. Batalkan atau tangguhkan layanan yang tidak butuhkan selama toko tutup. Jika Anda memiliki kewajiban keuangan dengan pihak lain, jelaskan bahwa toko Anda ditutup tanpa batas waktu dan cashflow sementara waktu akan terganggu hingga bisnis dibuka kembali. Diskusikan dan jangan ragu untuk menayakan bagaimana Anda bisa menyelesaikannya bersama-sama, pembayaran yang ditunda mungkin dilakukan tetapi Anda harus proaktif dan Anda harus bertanya.

Tujuan Anda saat ini adalah kelangsungan hidup toko. Buat rencana untuk diri sendiri dan ikuti. Hanya karena toko fisik Anda ditutup sekarang, itu tidak berarti masa liburan. Kunjungi toko Anda sering dan gunakan waktu ini untuk melakukan semua hal yang selalu ingin Anda lakukan, tetapi tidak pernah punya waktu. Dan yakinlah hal ini akan dilewati ini bersama.

Baca Juga : MENJALANKAN BISNIS RETAIL SAAT KRISIS

turboly.com