Menjalankan Bisnis Retail Saat Krisis

image

Menjalankan sebuah bisnis ritel tidak akan selalu mulus. Selalu ada banyak tantangan yang akan menjadi hambatan, namun proses ini tetap harus bisa dilewati. Tantangan hadir baik untuk retailer besar ataupun kecil, meskipun begitu biasanya banyak dialami oleh retailer kecil yang belum memiliki banyak pengalaman dan kurangnya dukungan modal yang cukup. Meskipun begitu, retailer kecil harus dapat melewati proses ini dengan mengedepankan Inovasi dan mereview secara berkala perkembangan usahanya.

Jika memang saat ini usaha sedang mengalami penurunan, jangan khawatir, berikut tips menghadapi usaha yang sedang sepi pelanggan:

1. Lakukan Inovasi

Mungkin saja banyak pelanggan lari ke usaha lainya, karena tidak melakukan Inovasi pada pada produk yang dijual. Inovasi ini sangat penting untuk menghilangkan kejenuhan pasar terhadap suatu produk. Sebaiknya mulailah berpikir untuk melakukan Inovasi. Saat kondisi sekarang, konsumen lebih memilih berbelanja produk pokok, perlengkapan kesehatan dan lainnya, jadi tidak ada salahnya untuk “sementara” memutar roda toko retail Anda dengan menjual produk-produk yang sedang dibutuhkan. Intinya adalah peka terhadap kebutuhan pelanggan.

2. Perluas Pasar Dengan Sistem Online

Jika memulai usaha dengan usaha offline, dengan memiliki gerai atau toko khusus, saat toko sedang sepi pengunjung bahkan tutup, sebaiknya gunakan strategi pemasaran online, untuk tetap mendapatkan pelanggan. Saat ini, cobalah integrasikan Sistem Point of Sale (POS) dengan website ecomerce atau marketplace untuk lebih mendorong penjualan via online dan tetap mendapatkan manfaat dari Sistem POS di toko.

3. Perhatikan Harga dan Kualitas

Dalam bisnis ritel, kompetisi pasar cukup tinggi dan sangat dinamis, maka harus selalu memperhatikan harga dan kualitas produk. Tidak ada salahnya dengan melakukan survey ke kompetitor dengan membeli produk mereka, cek harga dan kualitas yang mereka tawarkan lalu bandingkan dengan produk kita. Jika ternyata kompetitor menjual lebih mahal, tentu kita tahu apa yang harus dilakukan. Selain itu, bisa menawarkan promo-promo yang menarik agar penjualan meningkat.

4. Pertahankan Kualitas Produk dan Pelayanan

Pelanggan umumnya mencari produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik dari pihak penjualnya. Maka dari itu, kita harus peka terhadap ini dengan harus bisa mempertahankan kualitas produk yang dijual, serta selalu siap untuk memberikan pelayanan yang ramah dan baik pada pelanggannya.

Baca Juga : MENGAPA HARGA MURAH DAPAT MENAKUTKAN PELANGGAN?

turboly.com