Tips Meningkatkan Penjualan ecommerce

image

Industri Ritel sangat terpukul selama masa pandemi saat ini. Namun disisi lain ada peluang baru yang hadir untuk tetap bisa bertahan dalam kerasnya persaingan di ritel dengan penjualan e-commerce. Bagi retailer yang sudah lama bermain di industri ecommerce mungkin hal ini bukan hal baru tapi malah lebih menantang karena hampir semua retailer sekarang masuk ke dunia ecommerce baik dengan website privat ataupun platform marketplace.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan penjualan online ecommerce selama masa pandemi Covid-19 :

Pelanggan Adalah Aset

Bagi setiap pengusaha ritel, profile pelanggan merupakan aset yang besar. Saat ini adalah waktunya untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan pelanggan kita. Kirimkan email promosi, buat konten yang menarik di media sosial dan apa pun untuk menjaga agar merek Anda tetap diingat. Ingat, di masa sulit sekalipun tetap ada pelanggan yang masih memiliki pendapatan lebih yang bisa mereka belanjakan.

Menawarkan Produk Baru

Jika perusahaan masih memiliki cashflow yang baik, tidak ada salah mencoba untuk menawarkan produk baru bagi pelanggan. Tawarkan produk-produk yang mereka butuhkan saat ini.

Free Delivery

Kebijakan social distancing akan membuat pelanggan memilih berbelanja online. Terkadang kegagalan konversi penjualan di ecommerce disebabkan oleh mahalnya biaya kirim. Maka dari itu, memberikan diskon biaya kirim akan sangat bisa membantu mendongkrak penjualan. Coba tentukan area mana saja yang mungkin bisa kita berikan promo biaya kirim, alokasikan biaya tersebut ke beban promosi.

Review, Share dan Diskon

Ini adalah salah satu cara yang sangat efektif selain promosi free delivery. Penjualan ecommerce adalah penjualan virtual, salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan adalah review atau ulasan pembeli sebelumnya. Jadi, tidak ada salahnya jika strategi “suap” secara legal kepada pelanggan kita lakukan. Berikan diskon tambahan untuk pembelian berikutnya jika merek memberikan ulasan yang positif dan membagikan pengalaman berbelanja mereka ke lingkungannya.

Gunakan Semua Platform ecommerce

Saat pandemi mempengaruhi penjualan offline di toko, maka ecommerce adalah satu-satu jawaban untuk ritel tetap bertahan. Saat ini berbagai pilihan platform ecommerce sudah tersedia, tidak ada salahnya jika kita coba semua platform sampai ditemukan suatu titik segmentasi dan keunggulan masing-masing platform sehingga setelahnya kita bisa memilah produk-produk kita berdasarkan segmen di ecommerce.

Baca Juga : MENJALANKAN BISNIS RETAIL SAAT KRISIS

turboly.com