6 Langkah untuk Memulai Bisnis grosir distributor

Bisnis grosir distributor adalah pilihan yang baik jika Anda tidak ingin berurusan dengan kerumitan penjualan ritel. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis grosir distributor :

1. Identifikasi Pasar

Anda perlu melakukan penelitian yang tepat untuk mengidentifikasi pasar yang ideal untuk produk Anda. Anda perlu menemukan dealer, pemilik toko, dan pelanggan lain yang dapat membeli produk dari Anda. Selain itu, perlu juga untuk mengetahui seberapa ketat kompetisinya, dan temukan siapa kompetitor terkuat yang akan Anda hadapi. Pastikan Anda tahu kualitas produk mereka bawa, harga dan kualitas layanan yang mereka berikan.

2. Tentukan Lokasi Gudang

Lokasi menentukan prestasi. Penting untuk mengidentifikasi tempat di mana Anda akan menjalankan bisnis. Pertimbangkan lokasi yang strategis untuk memulai pengiriman barang ke pelanggan Anda nantinya. Namun, Anda perlu merekrut staf yang efisien dan jujur ​untuk memastikan bahwa persediaan dan kualitas layanan tetap terjaga.

3. Temukan Produsen Barang

Temukan produsen barang yang bersedia menunjuk Anda sebagai pedagang grosir distributor untuk produk mereka. Banyak perusahaan akan memiliki target penjualan untuk Anda penuhi - jadi pikirkan baik-baik sebelum memutuskan siapa pun.

4. Ketahui Kebijakan Pengembalian

Lihatlah kebijakan berbagai produsen, termasuk bagaimana mereka berencana untuk menangani barang yang dikembalikan kepada mereka karena cacat atau karena alasan lain. Anda juga perlu memeriksa kebijakan layanan purna jual mereka.

5. Investasi Software ERP

Software ERP sebagai alat kontrol dan alat bantu operasional perusahaan yang akan membantu Anda mencatat setiap pergerakan barang, mencatat pesanan, melacak pengiriman hingga penagihan kepada customer.

6. Buat Kebijakan Kredit Pelanggan

Mengontrol Arus Kas adalah kunci agar perusahaan bisa bertahan. Maka dari itu, mulai dari awal siapkan dan buatlah kebijakan-kebijakan kredit pelanggan untuk menghindari tersendatnya arus kas di masa depan.

Dengan menggunakan tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa bisnis grosir distributor Anda mendapat awal yang baik dan tetap berada di jalurnya di tahun-tahun mendatang. Lakukan riset yang tepat, dan dapatkan penawaran bagus dari produsen Anda untuk mendapatkan margin yang lebih tinggi.

Baca Juga : MENGAPA DISTRIBUTOR PENTING UNTUK SALURAN DISTRIBUSI?

www.turboly.com