Mengapa Distributor Penting dalam Saluran Distribusi?

image

Distributor dalam industri apa pun memainkan peran penting dalam saluran distribusi. Dari produsen ke distributor ke pengecer, ada banyak proses yang harus dilalui suatu produk sebelum mencapai konsumen. Pedagang grosir atau distributor memainkan peran utama dalam menjaga proses efisien dan transparan.

Apa itu Distributor?

Dalam rantai distribusi barang, distributor adalah tindakan membeli barang dalam jumlah besar dari produsen, kemudian menjual produk ke pengecer dalam jumlah besar hingga dijual pengecer ke konsumen akhir (ritel). Distributor juga bisanya menangani transportasi untuk pengiriman.

Distributor dapat bertindak sebagai produsen yang dapat mendistribusikan produk di bawah merek mereka sendiri. Ini membuat distribusi produk grosir cara mudah membangun merek perusahaan. Dalam prakteknya saat ini produsen juga dapat menjadi distributor mereka sendiri.

Apa Fungsi Pedagang Besar?

Pentingnya distributor terletak pada peran yang dimainkannya dalam saluran distribusi. Peran-peran ini bermanfaat bagi produsen, pengecer, dan konsumen akhir. Berikut adalah beberapa fungsi distributor dalam saluran distribusi grosir:

1. Distribusi Produk

Distributor memungkinkan produsen untuk mendistribusikan produk dan layanan di area tertentu. Ini dilakukan tanpa kesulitan memulai dan mempertahankan kontak konsumen, sehingga menghemat uang dan waktu dalam pemasaran dan distribusi produk.

2. Tes Pasar

Distributor banyak berinvestasi dalam keberhasilan produk yang mereka distribusikan. Begitu banyak dari mereka melakukan riset walaupun mungkin secara sederhana untuk menyelidiki perilaku konsumen dan pertumbuhan pasar yang akan meningkatkan kemampuan mereka untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Riset pemasaran ini memberikan dasar yang kuat bagi produsen untuk mengubah, memperbaiki, atau mempertahankan proses produksi.

3. Jadikan Produk Lebih Dapat Diakses

Peran penting distributor lainnya adalah bagaimana hal itu membuat produk dapat diakses oleh pengecer dan konsumen akhir. Pengecer dan konsumen akhir sering tidak ingin bertransaksi dengan produsen karena mereka sering sulit untuk mendapatkan dan mereka biasanya hanya melayani pembeli grosir. Distributor membuatnya jauh lebih mudah bagi pengecer dan konsumen akhir untuk mengakses produk dan layanan yang mereka butuhkan. Sebagian besar distributor juga melayani konsumen akhir namun dengan perusahaan yang berbeda sehingga konsumen yang ingin dengan jumlah persediaan yang terjamin.

4. Penentu Harga yang Kompetitif

Distributor mendorong persaingan di antara produsen dan dalam proses menjaga harga barang agar tetap kompetitif. Mereka juga menyediakan informasi pasar seperti harga dan kebutuhan untuk meminimalkan biaya penjualan untuk konsumen akhir. Fungsi-fungsi ini menekankan pentingnya Distributor dalam menjaga proses distribusi yang efisien dan dalam menstabilkan harga dan persaingan pasar. Distributor memungkinkan pengecer dan konsumen akhir untuk mengakses produk dalam jumlah sedikit dan pada saat yang sama mempromosikan persaingan harga yang sehat. Mereka juga memberikan wawasan yang tak ternilai tentang pertumbuhan dan tren pasar, mendorong produsen untuk menghasilkan lebih banyak produk yang ramah konsumen dan berkualitas tinggi.

Baca Juga : PERBEDAAN ANTARA GROSIR DAN ECERAN

turboly.com