Pahami Cara Membaca Tanggal Kadaluarsa

Banyak produk yang disekitar kita yang sering kita gunakan memiliki tanggal kadaluarsa. Apakah Anda termasuk orang yang selalu memperhatikannya saat membeli obat atau berbelanja kosmetik? Atau Anda sering lupa tanpa sadar bahwa produk yang Anda beli sudah kadaluarsa?

Tenang, kecerobohan tersebut bukan hanya Anda yang mengalami, namun banyak orang juga mengalami hal yang sama, hal ini disebabkan karena masih banyak orang yang belum memahami sepenuhnya tanda atau nomor kadaluarsa pada kemasan obat atau kosmetik dan produk lainnya.

Berikut sedikit penjelasan arti tanda kedaluwarsa:

Sell by Date atau Dijual pada Tanggal

Sell by Date atau Dijual pada Tanggal merupakan tanda peringatan agar tidak menjual makanan tersebut setelah melewati tanggal yang tercantum dalam kemasan. Jadi, informasi ini sebagai informasi berapa lama sebuah produk dapat di-display di toko atau di simpan. Sebenarnya meskipun produk yang melewati tanggal masih bisa dikonsumsi tapi konsumen dianjurkan untuk tidak membelinya.

Best Use Before atau Baik Dikonsumsi Sebelum Tanggal

Best Use Before atau Baik Dikonsumsi Sebelum Tanggal merupakan tanda kadaluarsa yang sering dilihat dalam produk makanan. Tanda ini digunakan untuk memberitahukan kapan produk masih dalam kondisi segar untuk dikonsumsi. Produk yang melewati tanggal ini sebenarnya masih bisa dikonsumsi. Namun kesegaran dan kualitasnya diperkirakan sudah mengalami penurunan.

Use by Date atau Konsumsi Hingga Tanggal

Use by Date atau Konsumsi Hingga Tanggal merupakan tanda yang menunjukkan kapan kualitas produk mulai mengalami penurunan. Produk makanan atau minuman ini berada dalam kondisi terbaiknya sebelum tanggal yang tertera pada kemasan. Namun jika terlanjur membeli produk yang melewati tanggal tersebut, jangan khawatir karena anda masih bisa menikmati produk itu.

Shelf Life atau Masa Tahan

Mungkin tanda ini yang paling tidak umum dalam kemasan produk makanan atau minuman. Namun jika menemukan tanda semacam ini, tanda ini memiliki arti yang sama dengan best if use before dan use by date.

Manufacturing Date atau Tanggal Pembuatan

Tanggal pembuatan yang tertulis pada kemasan menandakan tanggal, bulan dan tahun produk dibuat.

Mengonsumsi makanan atau menggunakan produk yang telah kedaluwarsa memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Untuk itu pahami tanda-tanda lainnya yang menunjukkan tanggal kadaluarsa pada kemasan:

Expired Date atau Tanggal Kedaluwarsa

Kode produksi ini sering dijumpai di beberapa produk. Kalau kemasan sebuah produk terdapat kode produksi itu akan lebih mudah mengidentifikasi masa kadaluarsanya. Namun banyak gaya penulisan kode yang berbeda pada kemasan. Misal EXP 111221 yang berarti kadaluarsanya pada 11 Desember 2021

Display Date atau Tanggal Pemajangan

Tanggal display menunjukkan tanggal pada saat produk mulai dipajang di rak toko. Pengumuman ini biasanya ditujukan untuk toko maupun orang yang akan menjual kembali produk tersebut.

Pack Date atau Tanggal Pengemasan

Tanggal pengemasan merupakan informasi mengenai tanggal pada saat produk dikemas. Tanda ini ditujukan untuk produsen maupun pengecer.

Pull Date atau Batas Sebelum Penarikan

Batas sebelum penarikan adalah tanggal terakhir yang dianjurkan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut. Sehingga masih punya jangka waktu untuk mengonsumsi tanpa mulai mengalami kerusakan.

Best Date atau Tanggal Terbaik Penggunaan

Tanggal penggunaan yang baik menunjukkan batas suatu produk masih terjamin kualitasnya. Kualitas dan kandungan nutrisinya akan turun setelah tanggal tersebut terlewati. Namun belum tentu membahayakan kesehatan selama kemasan masih utuh. Informasi di atas dapat membantu anda lebih jeli dengan produk yang dibeli. Dengan begitu, produk akan aman dikonsumsi anda.

Baca Juga :INVENTORY DENGAN BATCH NUMBER DAN EXPIRED DATE PADA DISTRIBUTOR KOSMETIK

www.turboly.com