Cara Memulai Bisnis Waralaba

Waralaba memiliki definisikan sebagai “jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu (pewaralaba) tetapi diberi merek dan diawasi oleh perusahaan yang jauh lebih besar biasanya nasional atau multinasional (pemilik waralaba).

Memiliki waralaba berarti Anda mendapatkan gagasan yang sudah terbukti berhasil. Tentu saja, seperti halnya bisnis apa pun, masih ada tantangan yang terlibat dalam memulai waralaba dan menjalankannya. Sebanyak mungkin pemikiran harus masuk ke merek, lokasi, staff, manajemen hingga ke Sistem ERP yang mendukung waralaba.

5 langkah untuk kepemilikan waralaba:

1. Perhatikan nilai investasi. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa selalu ada biaya waralaba dimuka, dan pemilik waralaba sering memiliki persyaratan keuangan untuk siapa mereka akan mengizinkan untuk membuka salah satu waralaba mereka. Periksa keuangan dan aset pribadi Anda sehingga Anda dapat mulai mencari peluang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

2. Lakukan riset atas merek. Investasikan waktu untuk melakukan riset merek waralaba yang ingin Anda jalankan. Cocokan dengan lokasi yang Anda miliki, karena untuk bisnis apapun lokasi akan sangat berpengaruh.

3. Temui franchisee lainnya. Anda ingin sebanyak mungkin detail dan informasi langsung tentang bagaimana rasanya mengoperasikan waralaba ini. Ada satu pertanyaan yang wajib Anda tanyakan pada mereka “Apakah Anda akan membeli merek di lokasi lain lagi?

4. Pastikan dukungan dari franchisor. Tujuannya adalah bagi Anda sebagai franchisee dan pemilik waralaba untuk membahas seluk beluk spesifik dan menentukan apakah waralaba itu tepat untuk Anda. Perhatikan hal-hal seperti berapa banyak dukungan yang ditawarkan pemilik waralaba, dan pastikan mereka memberikan dukungan yang berkelanjutan.

5. Kontrak. Jika semuanya berjalan dengan baik, perpanjang perjanjian waralaba Anda ketika berakhir untuk melanjutkan kepemilikan bisnis Anda. Biasanya, perjanjian ini panjangnya lima hingga 10 tahun.

Baca Juga : MENGAPA FRANCHISOR HARUS MENGGUNAKAN SOFTWARE POS FRANCHISE?

www.turboly.com