Tips Mengelola Piutang Untuk Melindungi Perusahaan

image

Sangat penting untuk menerapkan proses untuk memantau dan menagih piutang Anda sesegera mungkin. Manajemen piutang usaha sangat penting untuk menjalankan perusahaan dan akan sangat membantu dalam mengamankan kesuksesan jangka panjang karena berhubungan dengan Arus Kas.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda mengelola piutang dan membuat arus kas perusahaan tetap lancar.

Tip 1: Menetapkan Tujuan Penjualan Luar Biasa Hari

Days Sales Outstanding (DSO) adalah data yang banyak digunakan untuk membantu mengevaluasi seberapa efektif suatu perusahaan dalam mencairkan piutang. Meskipun setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuan standar pembayaran yang berbeda, Anda harus menetapkan periode pengumpulan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Jumlah ini harus serendah mungkin, biasanya antara 14 dan 45 hari, dan harus ditetapkan dengan hati-hati karena akan secara signifikan mempengaruhi arus kas perusahaan.

Tip 2: Pertimbangkan Kebijakan Kredit

Siapkan struktur di sekitar pendekatan Anda terhadap manajemen piutang. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :

  • Track Record Pelanggan: Pertimbangkan hubungan dan kelayakan kreditnya. Ukur risikonya sesuai.
  • Berapa Banyak Batas Kredit? Ini sangat tergantung pada perusahaan Anda. Memutuskan berapa banyak kredit yang diberikan kepada pelanggan Anda tergantung pada riwayat Anda dan rata-rata transaksi yang dilakukan oleh perusahaan Anda.
  • Menerapkan Kebijakan: Jika Anda memiliki kebijakan yang ditetapkan dimana pelanggan harus berada di posisi tertentu secara finansial, dan Anda memiliki batas kredit, jangan membuat pengecualian. Tetap berpegang pada kebijakan Anda.

Kiat 3: Lacak Pembayaran dengan cermat

Bisnis Anda perlu membuat laporan usia piutang (A/R Aging) yang mengelompokkan piutang berdasarkan lamanya sejak faktur diterbitkan. Setelah Anda memiliki laporan umur piutang ini, Anda akan dapat secara reguler meninjau dan mengidentifikasi dengan cepat kondisi piutang saat ini 30 hari, 60 hari, 90 hari dan lebih tua. Selalu siapkan reminder letter dan kirim lewat email kepada pelanggan Anda saat pada hari pertama pembayaran terlambat. Siapkan beberapa format reminder letter mulai dari yang ke-1,2 dan 3.

Tip 4: Quick Response

Setiap piutang memiliki kewajiban dilunasi dalam jangka waktu tertentu, jadi jangan takut untuk menagihnya. Mengenai tanggal jatuh tempo, Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) menyediakan laporan piutang yang telah jatuh tempo yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa Anda tidak terlewat dalam mendapatkan hak pembayaran.

Tip 5: Bersikap Proaktif & Bersihkan

Untuk mendorong pembayaran tepat waktu, teleponlah secara proaktif atau email segera setelah faktur dikirim untuk memastikan mereka menerimanya dan menanyakan kapan pembayaran itu akan dibayarkan. Tindak lanjuti lagi beberapa hari sebelum pembayaran dilakukan untuk memastikan mereka memiliki semua yang diperlukan untuk melakukan pembayaran sehingga tanggal jatuh tempo tidak tergelincir. Anda juga harus memastikan setiap faktur yang dikirim jelas dan tidak kehilangan informasi penting yang dapat menyebabkan pelanggan Anda menghindari atau menunda pembayaran.

Baca Juga : MENGENAL LAPORAN ARUS KAS

turboly.com