Menjaga Kepercayaan Pelanggan dengan Garansi Produk

Salah satu cara produsen atau penjual untuk meyakinkan pembeli bahwa sebuah produk yang ditawarkan berkualitas baik adalah dengan memberikan garansi/ product warranty. Garansi produk bisa dibilang sebagai hak konsumen meminta pertanggungjawaban penjual atau produsen ketika produk yang dibeli mengalami kesalahan / kerusakan akibat cacat produksi. Layanan garansi ini lazim kita temui untuk produk elektronik dan perangkat seluler hingga kendaraan.

Pada layanan garansi biasanya penjual akan bekerjasama dengan produsen barang memberikan beberapa kompensasi, seperti: jasa perbaikan, penggantian klaim, dan tak jarang ada juga yang hingga memberikan jaminan pengembalian uang.

Dengan adanya garansi bukan hanya konsumen yang akan mendapatkan keuntungan, bagi penjual atau produsen juga mendapatkan manfaat jika memberikan garansi pada produk-produk yang mereka jual.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa garansi bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan:

1.Membuat Konsumen Yakin

Sebuah layanan garansi memiliki peran yang memberikan ketenangan bagi konsumen. Dengan adanya garansi, konsumen tidak akan merasa kuatir akan kualitas produk, dan juga meningkatkan keyakinan mereka bahwa jika suatu saat terjadi kerusakan akan tahu kemana harus diperbaiki.

2. Kontrol Kualitas Produk

Ketika penjual memberikan layanan garansi kepada pelanggan, maka secara tidak langsung penjual sangat percaya diri dan yakin bahwa kualitas produk yang mereka jual sangat baik. Selain itu, artinya hubungan antara penjual dan supplier cukup berjalan baik untuk mendukung klaim garansi jika dibutuhkan. Meskipun begitu, bagi penjual tetap diperlukan evaluasi secara reguler untuk mengurangi potensi kerugian akibat produk gagal.

3. Evaluasi Staff

Jika penjual sudah berusaha untuk memberikan produk terbaik namun ternyata masih ditemukan keluhan pelanggan terkait produk, maka pihak penjual perlu direview kembali kemampuan staff penjualan dan layanan pelanggan apakah ada dari mereka melakukan kesalahan saat memberikan informasi kepada konsumen.

4. Evaluasi SOP

Garansi akan memotivasi perusahaan untuk menetapkan standar atas kualitas produk dan jasa yang diberikan. Ketika perusahaan memperhatikan pelayanan garansi yang diberikan pada pelanggan, tentunya akan membutuhkan Software ERP Retail terbaik untuk menunjang layanan tersebut. Dengan memanfaatkan Software Cloud ERP, maka proses control akan dimulai ketika barang tersebut masuk ke gudang hingga sampai ke tangan pelanggan.

Baca Juga : MENGAPA TOKO HANDPHONE MEMBUTUHKAN SISTEM ERP?

www.turboly.com