3 TIPS UNTUK MENDAPATKAN HARGA TERBAIK DARI SUPPLIER

Satu pertanyaan yang hampir setiap distributor akan tanyakan, "Apakah ini harga terbaik yang bisa saya dapatkan?"

Seperti kebanyakan distributor, Anda mungkin mempertanyakan apakah harga yang ditawarkan oleh supplier "adil" dan "masuk akal". Bagaimana bisa mendapatkan harga yang lebih rendah dari supplier lain. Dan mungkin kita memiliki pandangan ke depan untuk menyeimbangkan faktor-faktor penting lainnya terhadap harga, seperti kualitas dan hubungan supplier yang ada. Mendapatkan harga terbaik dari supplier tidak sesulit kelihatannya. Ada beberapa cara untuk melakukan ini secara efektif tanpa mengurangi kualitas produk atau memburuk hubungan Anda dengan supplier Anda

Berikut adalah tiga tips untuk mendapatkan harga terbaik dari supplier:

1. Dapatkan Penawaran dari Berbagai Supplier

Sangat penting untuk mendapatkan penawaran dari supplier yang berbeda sebelum menempatkan pesanan. Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tingkat pasar keseluruhan untuk barang-barang tertentu. Jika Anda menerima penawaran pertama yang ditawarkan supplier, mungkin akan kecewa nanti ketika menemukan ada opsi yang lebih baik.

Dapatkan penawaran setidaknya dari 3 supplier (semakin banyak semakin baik), lalu mulailah dengan serius membandingkan penawaran. Seiring dengan mendapatkan penawaran harga, juga membantu untuk:

Minta sampel produk. Meskipun supplier biasanya akan mengenakan biaya kepada Anda untuk memproduksi dan mengirim sampel, ini adalah salah satu cara terbaik untuk benar-benar mengetahui kualitas produk sebelum memesan. Bandingkan efisiensi dan efektivitas komunikasi antara supplier yang berbeda. supplier dengan harga kompetitif mungkin pada akhirnya tidak layak jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan andal dengan mereka. Harga itu penting. Tetapi sedikit investigasi terhadap supplier dan produk mereka pada tahap ini cocok untuk pengambilan keputusan yang lebih informatif.

2. Dimana Menemukan Supplier

Saat ini, sebagian besar distributor mencari supplier dengan mencari secara online. Banyak situs web memberikan informasi yang digunakan untuk mencari supplier di seluruh Indonesia bahkan dunia. Jenis-jenis situs web ini biasanya mencantumkan supplier yang dapat mengirimkan hampir semua produk yang Anda cari, apakah tidak jelas atau biasa.

Cara mendapatkan supplier sebenarnya tidak terlalu penting, yang paling penting adalah Anda meneliti dengan cermat beberapa supplier dan membandingkan semua faktor yang relevan, daripada mengandalkan harga sebagai satu-satunya kriteria untuk perbandingan.

3. Jangan Menawar Harga Terlalu Rendah dari Penawaran

Beberapa distributor secara keliru berpikir bahwa mendapatkan harga terbaik dari supplier berarti mendapatkan harga serendah mungkin. Tapi pepatah kuno, "Anda mendapatkan apa yang Anda bayar" adalah benar di sini seperti di tempat lain.

Untuk mendapatkan harga terbaik dari supplier. distributor berpengalaman tahu bahwa harga yang lebih rendah sering kali disertai dengan penurunan kualitas produk yang sama atau lebih besar . Ini terutama berlaku untuk supplier yang bekerja dengan margin sangat ketat. Beberapa supplier akan sering mencoba untuk memulihkan margin yang hilang dalam negosiasi dengan menggunakan bagian dan bahan yang lebih murah, di bawah standar, seringkali tanpa persetujuan Anda. Orang lain mungkin menolak pesanan Anda sama sekali Menegosiasikan harga yang sangat rendah sejak dini juga dapat membuat supplier Anda umumnya kurang kooperatif. Ini dapat menghadirkan sejumlah tantangan baru.

Biasanya yang terbaik adalah bersikap terbuka dan terbuka dengan calon supplier tentang berapa banyak yang Anda harapkan untuk membayar suatu produk. Buat harapan Anda untuk kualitas jelas bagi mereka juga. Mereka mungkin tidak dapat memenuhi tingkat harga dan kualitas Anda dengan segera. Tetapi mungkin ada cara dengan mengganti bagian atau bahan yang berbeda atau meningkatkan volume pesanan. Sulit dipastikan tanpa diskusi terbuka.

Baca Juga :3 TIPS BISNIS DALAM MENGHADAPI KETIDAKPASTIAN

www.turboly.com