Manfaat Pelacakan Batch Produk

image

Melacak pergerakan produk sangat penting untuk bisnis yang bergerak dalam bidang F&B, farmasi, kosmetik, elektronik, dan produk yang mudah rusak atau habis pakai lainnya. Bagaimanapun, mungkin ada saat-saat ketika sebuah bisnis perlu melacak sejumlah produk untuk penarikan kembali, dan sistem pelacakan batch dapat menjadi metode paling sederhana, tercepat, dan paling dapat diandalkan untuk mengidentifikasi dimana produk berada.

Jika Anda menjalankan bisnis di bidang kosmetik, maka sangat penting untuk memiliki sistem inventory yang selalu memberikan update berapa lama batas maksimal sebuah produk disimpan. Dengan sistem pelaporan pelacakan nomor batch yang dapat diandalkan dan sepenuhnya terintegrasi, Anda tidak akan pusing melacak dan memantau setiap batch secara manual.

3 alasan mengapa bisnis Anda akan mendapat manfaat dari pelacakan nomor batch:

Human Error

Jika Anda masih melacak batch produk Anda secara manual, akan timbul peluang untuk berbagai kemungkinan kesalahan. Dari entri data penting yang keliru dan kelalaian penting, hingga kesalahan interpretasi informasi kumpulan dan kesalahan manusia lama, ada banyak jebakan yang bisa menunda pelacakan akurat dan menghabiskan biaya uang Anda.

Early Warning

Penarikan adalah kenyataan yang tidak menguntungkan bagi banyak bisnis perdagangan. Ketika menangani penarikan, pemilik bisnis tahu bahwa itu dapat membuat atau memutuskan hubungan mereka dengan pelanggan mereka. Dengan menangani penarikan secara efektif, pemilik bisnis dapat mengambil kesempatan untuk mengubah skenario negatif menjadi peluang untuk mendorong loyalitas dan kesadaran merek yang positif.

Dengan memiliki informasi penting yang mudah diakses, Anda akan dapat bersikap proaktif dalam situasi penarikan apa pun, memungkinkan Anda untuk menanganinya dengan cepat dan efisien.

Pelacakan batch yang andal akan mempercepat seluruh proses penarikan dan memastikan bahwa Anda dapat menjangkau pelanggan dengan batch yang terpengaruh sesegera mungkin. Dengan menyelesaikan masalah dengan cepat, Anda akan dapat meninggalkan pelanggan Anda dengan kesan positif terhadap bisnis Anda.

Komunikasi

Sistem pelacakan batch standar industri memastikan semua orang di perusahaan terus diperbarui. Karena sistem kualitas dirancang untuk berintegrasi dengan segala sesuatu mulai dari pengambilan backend hingga penjualan di front-end, setiap bagian dari operasi bisnis diperbarui dengan informasi terbaru secara real time. Ini adalah berita bagus untuk tim penjualan karena sejumlah alasan:

Penjualan yang mengidentifikasi produk yang lebih tua yang dapat mereka jual terlebih dahulu, untuk menghindari timbulnya biaya kerugian produk-produk yang mudah rusak. Pada akhirnya, menghindari produk yang mudah rusak akan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi jika mereka bergerak cepat dan semakin cepat Anda bisa memindahkannya semakin baik. Informasi yang jelas dan terkini memainkan peran utama dalam memastikan bahwa produk mengalir melalui bisnis Anda sebagaimana mestinya.

Dengan memanfaatkan pelacakan batch dan pelaporan, bisnis Anda tidak hanya akan memberikan pengalaman pelanggan dan supplier yang lebih baik, tetapi juga akan meningkatkan hubungan kerja dengan mereka. Keterbukaan dan transparansi tentang cara Anda menangani produk dan penarikan terbaru mungkin menjadi komponen utama dalam membangun kepercayaan customer terhadap merek dan bisnis itu sendiri.

Baca Juga : MENGAPA TOKO HANDPHONE MEMBUTUHKAN SISTEM ERP?

turboly.com