Masalah Persediaan di Gudang yang Perlu Diketahui

image

Salah satu aset perusahaan yang cukup penting adalah persediaan, maka dari itu diperlukan pengelolaan persediaan dengan baik dimanapun berada termasuk di gudang. Pengelolaan persediaan gudang dengan baik sama halnya dengan mengelola biaya operasional yang dimiliki perusahaan. Pengelolaan persediaan gudang memang tidak mudah dan tidak cukup hanya dengan pencatatan yang baik, namun juga diperlukan pengelolaan fisik barang dengan efisien, hal ini umumnya disebut manajemen pengelolaan gudang.

Manajemen pengelolaan gudang sudah banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan baik ritel, grosir hingga manufaktur dan perakitan. Walaupun begitu, tak jarang masih ada kesalahan yang terjadi dalam mengatur dan mengelola gudang ini. Tanpa implementasi yang baik, maka akan timbul resiko kerugian bagi perusahaan karena secara langsung hal ini akan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan konsumen.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang terjadi dalam mengelola persediaan di gudang yang harus dihindari :

Selisih Persediaan

Selisih stok kerap terjadi saat dilakukan stok opname. Kondisi barang yang disimpan di gudang tidak akan selalu dalam kondisi baik. Ada barang yang memiliki batas waktu penyimpanan (expired) hingga mengalami penyusutan. Jika hal ini terjadi maka barang tersebut tidak layak jual dan dibuang. Inilah yang mempengaruhi selisih stok barang gudang anda berbeda antara pemeriksaan fisik dan pencatatan sistem.

Salah Pengelolaan

Selain perhitungan fisik dan pencatatan, ada kesalahan yang terjadi akibat pengelolaan persediaan gudang secara manual dan tradisional. Pengelolaan persediaan secara sistem menggunakan Sistem Inventory akan lebih memudahkan dalam pencatatan pergerakan barang. Komputerisasi akan banyak menghemat waktu dan pengelolaan akan menjadi lebih efisien.

Penempatan Lokasi yang Buruk

Masalah terakhir ini adalah yang paling sering ditemui, yaitu manajemen alokasi barang yang buruk. Tiap barang punya karakteristik yang berbeda, maka dari itu tidak bisa sembarangan dalam mengalokasikan lokasi penyimpanan di gudang. Faktor suhu, kelembaban dan sirkulasi udara sangat penting untuk diperhatikan. Mungkin awalnya akan kelihatan baik-baik saja, namun hal ini akan menimbulkan masalah dalam jangka panjang yang bisa mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian yang cukup besar.

Baca Juga :PENYEBAB INVENTORY MISMATCH

turboly.com