Pentingnya Garansi Sebuah Produk

Garansi Produk produk adalah jaminan yang diberikan oleh penjual pada pembeli. Hal ini untuk menunjukan dan meyakinkan pembeli bahwa barang yang mereka beli memiliki kualitas yang baik dan memberikan rasa tenang bagi mereka jika sesuatu terjadi (cacat produksi). Garansi sebuah Produk merupakan hak pelanggan untuk meminta penjual menangani masalah apapun sesuai dengan persyaratan dan ketentuannya.

Inilah 4 alasan mengapa Garansi Produk dianggap penting :

1. Memberikan Rasa Aman Bagi Pembeli

Garansi Produk memiliki peran psikologis yang penting untuk pembeli. Dengan adanya garansi, pembeli akan merasa aman jika menghadapi resiko kerusakan akibat cacat produksi. Percaya atau tidak, Garansi Produk memiliki peran terhadap keputusan pembelian atas suatu produk. Mereka rela membayar lebih mahal selama ada jaminan garansi produk. Selain itu, Garansi Produk berperan untuk memperkuat loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.

2. Mendorong Sistem Kontrol Kualitas

Saat satu penjual membuat kebijakan layanan Garansi Produk kepada pembeli, maka penjual akan selalu berusaha untuk mendapatkan produk terbaik dari supplier terpercaya agar mampu mendapatkan feedback yang baik. Tentunya penjual juga akan mengantisipasi keluhan-keluhan yang berpotensi muncul pada pelanggan dengan cara membangun sistem kontrol yang efektif yang akan mengurangi potensi kerugian.

3. Sebagai Bahan Evaluasi

Garansi Produk memerlukan koordinasi pelayanan yang baik untuk memahami alasan kegagalan dan memotivasi mencari solusi atas penyebab kegagalan suatu produk. Apabila penjual sudah berusaha untuk memberikan produk terbaik namun masih ada keluhan pelanggan, maka pihak penjual perlu berusaha lebih keras di semua lini untuk mengatasi permasalahan pelanggan sehingga sesuai dengan hasil yang diharapkan oleh pelanggan. Evaluasi yang baik akan berguna untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan di kemudian harinya.

4. Menetapkan Standar yang Jelas

Garansi Produk akan membantu penjual untuk dapat menetapkan standar yang jelas yang akan menciptakan gambaran umum tentang bagaimana konsep kepuasan pembeli Penjual harus memiliki motivasi untuk secara serius memperhatikan layanan Garansi Produk karena menekankan pada pengeluaran keuangan untuk kegagalan kualitas. Ketika sebuah bisnis memperhatikan pelayanan Garansi Produk yang diberikan pada pelanggan, tentunya akan membutuhkan tools terbaik untuk menunjang layanan tersebut. Tools seperti Sistem POS Berbasis Cloud yang terintegrasi akan membantu proses pelacakan produk sesuai dengan masa dan syarat garansi yang berlaku.

Baca Juga : MENGAPA HARGA MURAH DAPAT MENAKUTKAN PELANGGAN?

www.turboly.com