Mengapa Harga Murah Dapat Menakutkan Pelanggan?

image

Harga rendah atau murah memang menjadi salah satu strategi untuk mendongkrak penjualan, namun harga rendah sering kali dapat memiliki efek negatif pada bagaimana pelanggan menilai sebuah produk. Sering kali harga yang rendah menimbulkan keraguan pelanggan akan kualitas sebuah produk.

Meskipun strategi penetapan harga rendah dapat memiliki dampak yang positif bagi beberapa bisnis retail, tapi bagi beberapa usaha lain hal ini tidak terlalu tepat untuk diterapkan. Banyak strategi promosi yang bisa diterapkan namun penawaran harga murah tidak akan selalu berjalan baik. Hal ini karena banyak yang beranggapan bahwa harga rendah dan rendah sebagai tanda produk berkualitas rendah.

Menghindari persepsi “harga rendah, kualitas rendah”

Dalam kenyataannya harga suatu produk tidak selalu mencerminkan kualitasnya. Misalnya, salah satu faktor yang mempengaruhi sebuah harga produk adalah nilai tukar mata uang khususnya bagi produk-produk impor. Untuk produk import biasanya akan dipengaruhi nilai tukar Rupiah terhadap mata uang negara asal penjual (misalnya US Dollar), oleh karena itu terkadang harga jual yang tinggi juga bisa memiliki kualitas produk yang rendah.

Pada sisi lain, mengapa produk berkualitas tinggi bisa dihargai rendah? Hal ini berkaitan dengan penawaran dan permintaan. Jika suatu produk tertentu tidak dalam permintaan tinggi, harganya bisa turun untuk menarik orang untuk membelinya. Di sisi lain, jika ada surplus suatu produk, perusahaan mungkin menjatuhkan harga untuk menyingkirkan kelebihan produk. Ini tidak berarti produk rusak atau tidak berguna.

Bagi perusahaan ritel dalam menentukan harga harus diikuti dengan proses membangun merek. Membangun merek adalah masalah memberikan persepsi kepada pelanggan ketika mereka membaca/ memikirkan merek “kita”. Idealnya, jika perusahaan menggunakan model penetapan harga rendah setiap hari, pelanggan tidak akan memikirkan seberapa murah produk atau seberapa rendah kualitasnya; sebaliknya, mereka akan berpikir tentang bagaimana mereka mendapatkan nilai dari produk yang akan mereka beli.

Baca Juga : CARA MEMUTUSKAN PROMOSI YANG TEPAT

turboly.com