Solusi Untuk Masalah Selisih Persediaan Gudang

image

Selisih persediaan gudang merupakan tanggung jawab bagian gudang. Jika bagian gudang menjalankan SOP dengan baik dan rutin melakukan stock opname mungkin hal ini bisa dihindari. Untuk mendapatkan hasil stock opname yang akurat, Anda dapat menerapkan beberapa masukan berikut kepada bagian gudang di perusahaan :

  • Apapun produk yang ada di gudang buatlah bin card atau kartu stok per item sesuai dengan SKU.
  • Lakukan stock opname secara berkala dan konsisten. Lakukan secara detail dalam perhitungan, pengecekan dan input data tidak terburu-buru dan menghasilkan laporan yang tidak relevan.
  • Lakukan cut off untuk persediaan barang seperti retur barang, konsinyasi maupun keluar masuknya barang.
  • Alokasikan barang atau tempatkan barang secara teratur, rapi dan sesuai dengan lokasi penempatan barang itu sendiri
  • Hitung dengan cermat dan tentukan satuan terkecil dalam perhitungan.
  • Selalu lakukan double check. Pengecekan ulang juga membantu dalam menilai apakah input barang yang anda lakukan sudah sesuai atau belum.

Mengelola persediaan barang dengan baik sedini mungkin untuk menghindari kesalahan yang terjadi dikemudian hari. Untuk itu berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan agar persediaan barang anda terjaga dengan baik:

1. Data yang Akurat

Memiliki data seakurat mungkin tentang barang yang ada di gudang. Persiapkan daftar dan informasi persediaan yang ada di gudang.

2. Manajemen Order yang Baik

Pastikan penerimaan barang dari order barang yang dilakukan sudah sesuai dengan kuantitas yang dikirimkan oleh supplier. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan pencatatan serta mengetahui apakah supplier sudah memenuhi pesanan yang anda miliki dengan baik atau belum.

3. Membuat Forecast Persediaan

Buatlah perkiraan persediaan persediaan barang yang dibutuhkan dalam periode ini. dengan melakukan forecast persediaan maka anda tidak akan mengalami kekurangan persediaan barang ketika dibutuhkan atau kelebihan persediaan.

4. Lakukan Pemeriksaan Barang

Selanjutnya cek kembali barang yang anda miliki sebelum barang tersebut disimpan. Pemeriksaan ini bisa mendeteksi apakah terjadi kecacatan dalam produk maupun kerusakan yang membuat produk tersebut tak layak dijual atau terpakai.

Baca Juga : MASALAH PERSEDIAAN DI GUDANG YANG PERLU DIKETAHUI

turboly.com